Tulang Ekor Nyeri

Tulang Ekor Nyeri

sakit nyeri di tulang

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr.wb

Saya laki-laki berumur 20 tahun. Sudah hampir 4 hari ini saya mengalami rasa nyeri di bagian tulang ekor saya, saya mulai merasa sakit seperti ini (mungkin) karena saya pengguna sepeda motor dan akhir-akhir ini karena musim hujan, jalan raya yang saya lewati terdapat lubang yang tergenang air, alhasil motor saya menerobos lubang dengan kencang. Mungkin dari sanalah penyebab utamanya.

Yang saya mau tanyakan apakah ini berbahaya atau bagaimana? Dan apa yang harus saya lakukan? karena saya merasa didekat area yang sakit tidak ada luka luar, artinya benar-benar rasa sakit itu berasal dari tulang ekor saya.

Jazakumullahu khairan atas jawabannya

Dari: Muhammad Yopi

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Dari yang Saudara sampaikan, rasa nyeri yang Saudara rasakan bisa saja berasal dari trauma berulang pada daerah otot sekitar pantat dan panggul akibat goncangan saat bersepeda motor (meski tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh hal lain). Perlu diketahui bahwa nyeri bisa disebabkan oleh trauma pada otot, ligamen (jaringan penyangga tulang), maupun saraf, dan bukan pada tulang itu sendiri. Saudara bisa mengetesnya, antara lain dengan menekan daerah yang sakit (jika terasa nyeri maka kemungkinan akibat memar di bagian dalam otot).

Jika demikian, maka insya Allah tidak berbahaya, dan akan membaik perlahan-lahan seiring dengan pemulihan daerah yang mengalami trauma tersebut, tentunya dengan menghindari benturan keras lain. Untuk membantu mengatasinya bisa dengan konsumsi obat antinyeri seperti Asetaminofen (parasetamol) atau mengoleskan salep/gel antinyeri disekitar daerah yang nyeri tersebut.

Meskipun demikian, beberapa tanda ‘merah’ yang harus Saudara waspadai terkait kondisi ini antara lain adalah:

  • Setelah beberapa hari tanpa trauma tambahan, nyeri semakin berat dan mengganggu.
  • Terdapat kelemahan atau rasa baal/’tebal’ di daerah tulang belakang bagian bawah maupun kaki, termasuk jari-jari kaki
  • Rasa nyeri yang semakin berat saat mengangkat beban berat

Adanya tanda tersebut menunjukkan cedera yang lebih serius di daerah tulang belakang dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuk Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply