Tulang Ekor Nyeri karena Duduk Lama

Tulang Ekor Nyeri karena Duduk Lama

Tulang Ekor Nyeri karena Duduk Lama

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Dok

Saya laki-laki berumur 32 tahun. Beberapa hari ini, saya tidak ingat tepatnya berapa hari, tapi belum 1 minggu saya merasa kurang nyaman kalau duduk agak lama. Ada rasa tidak nyaman di (maaf) bokong dan tulang ekor saya. Tidak terlalu sakit, tapi tidak betah kalau duduk lama. Kalau dibawa tidur rasa tidak nyamannya hilang, tapi kalau duduk agak lama rasa itu muncul lagi. Gejala apa itu Dok? Bahaya tidak? Sebelumnya saya memang banyak duduk. Jazakumullahu khairan atas jawabannya.

Dari: Slamet

Jawabn:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarkatuh

Terima kasih Saudara atas pernyataan yang diberikan.

Rasa tidak nyaman atau nyeri, atau juga pegal pada punggung bagian bawah, dalam dunia medis diistilahkan secara umum sebagai low back pain. Kondisi ini memiliki penyebab yang beragam, dan berbeda lokasi nyerinya, waktu timbulnya, penjalarannya, gejala yang menyertainya seperti kesemutan, kaku, atau lumpuh, penyakit penyerta seperti demam, dan sebagainya.

Pada keluhan Saudara, yaitu sakit di daerah tulang ekor dan sekitarnya, yang terutama dipicu oleh duduk yang lama, disertai dengan riwayat pekerjaan Saudara yang lebih banyak duduk dan usia yang masih muda, kemungkinan disebabkan oleh ketegangan otot dan ligamen di bagian tersebut, serta peredaran darah yang menjadi kurang lancar akibat penekanan yang terus menerus saat duduk. Kondisi ini setahu kami tidaklah berbahaya dan dapat diringankan dengan bacaan ruqyah di daerah yang sakit, kemudian konsumsi antinyeri ringan seperti parasetamol jika nyeri dirasa tetap mengganggu, pemijatan, pembekaman, atau kompres hangat di daerah tulang punggung bagian bawah. Selain itu, biasakanlah untuk bangkit berdiri setiap 30 menit untuk merubah posisi, berjalan selama beberapa menit untuk melancarkan peredaran darah di daerah tersebut.

Apabila nyeri masih berlanjut setelah melakukan terapi mekanis di atas dan perubahan gaya duduk, atau memberat bahkan menjalar atau disertai dengan kesemutan, hendaknya Saudara memeriksakan diri kepada dokter ahli saraf, untuk mengetahui adanya kemungkinan lain yang lebih serius.
Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply