Tertelan Paku

Tertelan Paku

tertelan paku

Anak Tertelan Paku

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Dokter, anak saya ketelan paku triplek, sudah dironsen posisi pakunya di sekitar tulang rusuk no 7 katanya. Apakah ada cara lain untuk mengeluarlkannya selain dioperasi? Anak saya laki-laki usia 13 tahun. Dan kondisinya sehat seperti biasa. Apakah ada jenis makana yang bisa mengeluarkannya lewat BAB?

Terima kasih.

Dari: Subhana

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Bapak yang dirahmati Allah.

Benda asing pada saluran cerna, baik berupa paku, koin, kancing, maupun sejenisnya yang sudah berada di dalam lambung, meskipun tajam, jika dibiarkan saja, umumnya akan diteruskan melalui saluran cerna dan keluar bersama kotoran. Kecuali jika barang yang tertelan adalah batu baterai yang ‘macet’ di kerongkongan, maka benda ini harus secepatnya dikeluarkan karena dapat menyebabkan erosi dan perforasi (berlubangnya) jaringan sekitarnya.

Pada kondisi anak Bapak, posisi di sekitar tulang rusuk ketujuh itu setinggi posisi lambung, jadi kemungkinan besar paku telah berada di lambung. Sebagaimana yang kami sampaikan diatas, umumnya jika telah sampai di lambung, dapat ditunggu saja sampai paku tersebut keluar dengan sendirinya bersama kotoran. Namun hal ini sebaiknya di bawah pengawasan/dengan sepengetahuan dokter, khususnya dokter bedah, sehingga jika timbul tanda-tanda masalah, seperti nyeri perut yang berat, keluhan kembung dan sebah (sulit mencerna makanan), atau adanya darah pada feses, bisa segera dilakukan tindakan.

Selain bedah, tindakan lain untuk mengeluarkan benda asing dari dalam saluran cerna adalah prosedur endoskopi (alat dimasukkan ke dalam saluran cerna melalui mulut, tidak memerlukan operasi), yang dalam kasus ini juga disarankan dilakukan oleh dokter bedah. Adapun obat-obatan apapun untuk merangsang keluarnya paku tersebut tidaklah disarankan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply