Telat Datang Bulan tapi Tidak Hamil

Telat Datang Bulan tapi Tidak Hamil

terlambat datang bulan tetapi belum hamil

Belum Hamil juga

Pertanyaan:

Saya wanita berusia 21 tahun. Saya sudah 2 bulan lebih terlambat datang bulan. Ketika saya tespect selalu negatif. Apa yang sebenernya terjadi pada saya? Apakah normal atau bagaimana? Terus terang saya mulai takut dokter. Semoga bisa dijawab ya Dokter.

Terima Kasih.

Wassalamu’alaikum

Dari: Nata

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Ketiadaan menstruasi dapat disebabkan berbagai faktor, yang paling sering memang kehamilan, kemudian kondisi stres emosional maupun fisik (seperti kelelahan akibat pekerjaan yang berat), kurangnya lemak tubuh, maupun konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menghambat ovulasi dan menstruasi, seperti kontrasepsi.

Dua bulan tidak mengalami menstruasi, yang sebelumnya menstruasi teratur, belum dapat dikategorikan sebagai amenorrhea sekunder, jadi masih mungkin terjadi pada orang normal. Anjuran kami, hendaknya Saudari berkonsultasi dengan dokter kandungan Saudari, yang pertama adalah untuk menyingkirkan dugaan kehamilan (misalnya dengan USG), dan kedua untuk memastikan penyebab yang kondisi saat ini.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply