Telat 4 Bulan Tapi Tidak Hamil

Telat 4 Bulan Tapi Tidak Hamil

belum hamil

Telat 4 Bulan Tapi Tidak Hamil

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.Wr Wb.

Dok, saya ibu rumah tangga usia 25 tahun. Saya sudah menikah 18 bulan, tapi saya belum dikasih keturunan. Syaa dari remaja memang haidnya tidak teratur. Setelah satu tahun menikah saya ikutan program sampai saya teratur haid. Setelah itu saya lepas obat dan saya tidak haid selama 4 bulan, tapi di-test pack negatif terus. Terus saya ketukang pijit, kata tukang pijit saya sedang hamil. Itu gimana yah Dok? Saya hawatir sekali, tolong dijawab.

Terima kasih

Dari: Dhewi

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu sampaikan kepada kami.

Kondisi haid yang tidak teratur menunjukkan pola ovulasi yang kurang teratur, sehingga memang pada sebagian wanita yang mengalaminya dan tidak mengetahui waktu ovulasi yang tepat, peluang untuk hamil menjadi lebih kecil. Namun absennya haid diatas 4 bulan perlu mendapat perhatian lebih, dan karena Ibu sedang dalam usia subur, kemungkinan pertama yang perlu dipikirkan adalah kehamilan.

Jika memang test pack menunjukkan hasil yang negatif, namun haid tidak kunjung tiba, dan Ibu merasa tidak mengalami stres emosional atau fisik yang berlebih, kami sarankan Ibu untuk memeriksakan diri ke dokter ahli kandungan, karena sangat mungkin diperlukan pemeriksaan lewat USG untuk melihat kondisi rahim dan indung telur ibu. Hal ini penting untuk dilakukan, karena jika benar Ibu sedang hamil, maka Ibu harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan lebih hati-hati, terutama dalam konsumsi makanan atau minuman dan aktivitas olahraga, untuk menjaga kesehatan janin. Jika tidak hamil, maka melalui pemeriksaan ahli dapat diketahui kemungkinan penyebab kondisi yang Ibu alami, dan langkah penanganannya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

NO COMMENTS

Leave a Reply