Tambah Gemuk Setelah Operasi Kista

Tambah Gemuk Setelah Operasi Kista

kesehatan rahim wanita

Tambah Gemuk Setelah Operasi Kista

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.
Dok, mohon penjelasannya? 1 tahun kemaren, ibu saya baru menjalani pengangkatan kista ovarium, nah sekarang alhamdulillah sudah mulai membaik. Tapi Dok, hati saya mulai resah karena meskipun ibu saya sudah membaik tapi dilihat dari fisik kok perut ibu saya agak besar Dok?

Ya memang kalau dilihat sekilas seperti wajar saja, karena sekarang ini ibu saya juga mulai tambah gemuk, saya khawatir Dok. Apakah penyakit kista itu bisa tumbuh kembali ya Dok? Tapi selama ini ibu saya tidak pernah mengeluh apa.

Mohon penjelasanya Dok. Terima kasih.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam.

Untuk perut yang bertambah besar setelah operasi, memang efek samping dari operasi adalah terjadi pembesaran di perut, tetapi ini jarang terjadi. Hal ini disebabkan oleh terjadinya peradangan, penumpukan cairan dan nanah sebagai proses penyembuhan. Akan tetapi dengan bantuan obat dan terapi, maka akan hilang serta ukuran perut akan normal kembali dalam hitungan minggu. Adapun menjadi gemuk setelah operasi, maka gemuk itu banyak faktornya, operasi kista bukan penyebabnya secara pasti.

Kista adalah suatu kantong berisi cairan yang membran dan akarnya berbeda di sekitar jaringan. Ketika terbentuk, kista akan tinggal di dalam jaringan secara permanen. Sehingga untuk menghilangkannya maka harus dioperasi dan diangkat sampai akar-akarnya. Apabila ada akar yang tertinggal maka kista bisa tumbuh lagi. Oleh karena itu operasi dilakukan dengan mengorbankan sebagian jaringan dengan mengangkatnya.

Ibu Anda bisa melakukan pemeriksaan kembali karena jika ternyata masih tumbuh, bisa dilakukan operasi ulang sebelum kista membesar, akarnya ikut membesar sehingga akan menjalar ke jaringan lebih luas.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 8610185593 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

NO COMMENTS

Leave a Reply