Suntik Tetanus Pra Nikah

Suntik Tetanus Pra Nikah

suntik anti tetanus

Suntik Tetanus Pra Nikah

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wr wb,

Dokter, apakah wajib bagi perempuan untuk suntik TT (tetanus) sebelum menikah? Insya Allah kami sebentar lagi akan melaksanakan sunah nabi walimatul ursy.

Terima kasih untuk jawabanya, jazakallah ahsanul jaza.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Dari: Maman

Jawaban:

Vaksinasi TT untuk wanita pra nikah dimaksudkan untuk menguatkan status imunisasi ibu, sehingga jika Ibu tersebut hamil, dapat terjadi transfer imunitas terhadap tetanus pada bayi, dan dapat membantu untuk mengurangi risiko penularan tetanus pada bayi saat lahir (tetanus neonatorum) yang bersifat fatal. Risiko tetanus neonatorum ini meningkat pada persalinan dan perawatan bayi, khususnya tali pusar bayi yang tidak/kurang steril, dari Ibu dengan status imunisasi tidak lengkap.

Beberapa daerah tertentu mempersyaratkan vaksinasi TT ini sebagai syarat pernikahan, namun sampai beberapa waktu lalu, di daerah lain tidak demikian.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply