Sudah Lama Menikah Tapi Belum Hamil

Sudah Lama Menikah Tapi Belum Hamil

Ibu hamil

Belum Hamil Juga

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.
Kata dokter aku sama istri sehat-sehat aja, memang aku ada varikokel, tapi ga terlalalu berpengaruh dengan keseburanku. Istriku juga haidh juga ga teratur, tapi kata dokter kesuburan istriku juga ok.

Sekarng istriku minum pelancar haid, kalau ga salah namanya cyclo apa gitu saya lupa. Selain berdoa dan istighfar kami harus gimana lagi? Syukron

Dari: Ade


Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak sampaikan kepada kami.

Upaya pembuahan memang memerlukan kesehatan dan kesuburan yang prima dari suami istri, begitu juga waktu dan cara berhubungan suami istri yang tepat. Khususnya untuk istri, penting untuk mengetahui waktu ovulasi, sehingga hubungan dapat diperkirakan di sekitar waktu ovulasi. Pada haid yang tidak teratur, meskipun terjadi ovulasi, namun waktunya tidak teratur seperti haid normal, sehingga memerlukan penghitungan yang lebih teliti, atau menggunakan alat tes hormon petanda ovulasi. Setelah ovulasi dapat diperkirakan, maka disarankan untuk berhubungan pada hari ovulasi dan 1-2 hari sebelum dan setelahnya, untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

Meskipun demikian, Bapak yang kami dirahmati Allah, anak adalah karunia Allah Ta’ala yang diberikanNya pada siapa yang Ia kehendaki dari hamba-hamba-Nya. Jika Allah Ta’ala tidak berkehendak, maka meskipun pasangan suami istri tersebut keduanya sehat dan subur, tidak akan terjadi pembuahan, misalnya karena adanya mekanisme pertahanan tubuh istri yang tidak biasa yang menolak perkembangan hasil pembuahan dalam tubuhnya, atau kromosom sperma yang membuahi sel telur tidak lengkap, dan banyak lagi sebab lain yang belum dapat diungkap oleh teknologi modern buatan manusia. Oleh karenanya, hendaknya Bapak dan istri tetap bersabar dan terus berdoa kepada Allah Ta’ala, dengan tetap meyakini keadilan dan rahmat-Nya, apapun yang Ia takdirkan kepada Bapak dan keluarga. Kami turut berharap dan mendoakan, semoga Allah Ar Rahman berkenan menjawab doa dan kesabaran Bapak sekeluarga dengan keturunan-keturunan yang sehat dan sholih.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini disponsori oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply