Sesak Nafas Mendadak

Sesak Nafas Mendadak

Sesak Nafas Mendadak

Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Disesbabkan karena apa ya, kalau suka sesak nafas secara tiba-tiba posisinya si? Pas lagi berdiri lama dan terlalu capek, tiba-tiba sesak nafas, tidak terarur, dan panas dingin. Itu sakit apa?

Terima kasih wassalamu’alaikum.

Dari: Wulandari

Jawaban:

Perlu diketahui sesak napas ada dua macam:

1.sesak napas patogenik (karena penyakit )

2. sesak napas psikogenik (karena stres, cemas dan psikis)

Anda perlu membedakan kedua jenis ini terlebih dahulu, karena jika penyebabnya psikogenik (karena stres, cemas, dan psikis) maka Anda tidak perlu pengobatan yang serius. Cukup dengan menangkan diri dan mencari suasana yang lebih baik dengan pindah tempat ke tempat yang membuat anda merasa nyaman.

 Ciri-ciri Sesak nafas psikogenik:

– akibat psikologis, stress, kaget dan depresi.

– tidak mempan diberikan obat antisesak/obat asma.

– tidak terlihat otot bantu pernapasan yaitu pada leher dan dada, pembesaran cuping hidung, tidak ada suara  mengi (wheezing)  jika menggunakan stetoskop (atau tanpa stetoskop jika penyakitnya parah).

– lebih sering mengenai wanita, karena wanita lebih lemah jiwanya dan labil. sebabnya pengaruh (ketidakkeseimbangan naik-turunnya) hormon estrogen dan progesteron yang berkaitan dengan siklus haid.

Adapun ciri-ciri sesak nafas patogenik:

– sebabnya bermacam-macam bisa karena ada penyakit yang mendasari seperti PPOK, bronkitis dan asma.

– asma berkiatan erat dengan alergi dan pencetusnya, misalnya dingin, debu, stres dan makanan.

– terlihat otot bantu pernapasan yaitu pada leher dan dada, pembesaran cuping hidung, tidak ada suara  mengi (wheezing)  jika menggunakan stetoskop (atau tanpa stetoskop jika penyakitnya parah).

Anda bisa menilai ketika Anda terlalu lelah, apakah Anda memang sedang disibukkan dengan pekerjaan yang membuat Anda stres dan cemas? Jika iya, bisa jadi sesak nafas tersebut adalah psikogenik. Jika tidak, maka bisa jadi anda memiliki penyakit asma yang memang sesak napas pada asma bisa dicetus oleh berbagai hal misalnya alergi (misalnya debu, bulu dan serbuk bunga) atau ada penyakit yang mendasari. Untuk mengobati penyakit asma anda bisa konsultasi ke dokter terdekat.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

NO COMMENTS

Leave a Reply