Sakit Dislokasi Persendian Lengan

Sakit Dislokasi Persendian Lengan

sakit persendian

Dislokasi Persendian Lengan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dok

Bapak saya usianya 50 tahun, sudah beberapa bulan ini kalau tangan kanannya digerakkan memutar bahunya terdengar suara seperti tulang yang patah. Awalnya pagi itu dia mengangkat beban berat dari lantai sampai tangannya terasa seperti tertarik kencang. Seharian tanganya masih bisa bergerak biasa, tapi selang waktu 1 hari baru kelihatan bahu kanannya memar dan terasa sakit. Kalau untuk angkat tangan sejajar siku masih tidak apa-apa, tapi kalau dipaksa angkat lebih tinggi terasa agak berat, seperti salah urat pada posisi salah tidur.

Kejadian ini sudah -/+ 6 bulan, sudah coba diurut beberapa kali, berobat ke klinik umum, dan berobat ke alternatif tapi belum ada hasilnya. Berobat di klinik umum tidak dirujuk untuk roengent hanya diberi obat, sampai sekarang tangannya masih sakit seperti salah urat (salah posisi tidur) dan kalau digerakkan suaranya terdengan seperti tulang patah.

Pertanyaan saya dok, tangan bapak saya itu patah / keseleo / salah urat y dok? Karena kalau tangannya bergerak memutar ke dalam / ke luar bisa sampai bunyi seperti suara tulang yang patah Dok. Untuk kasus seperti ini, apa yang harus saya lakukan untuk kesembuhan bapak saya Dok?

Mohon penjelasannya Dok, dan atas jawabannya saya sampaikan terima kasih.

Wasalamu’alaikum

Dari:

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada tim kami.

Nyeri dan keluhan bunyi seperti tulang patah, yang dalam istilah medis disebut juga krepitasi, disertai adanya keterbatasan gerak, menunjukkan beberapa kemungkinan, seperti adanya dislokasi atau subluksasi (pemisahan tulang total atau sebagian dari mangkuk sendi), fraktur (patah tulang, meskipun kemungkinannya lebih kecil) dan kerusakan atau robekan pada tendon atau ligamen di sekeliling tulang bahu penderita. Namun untuk mengonfirmasi jenis kelainannya, sebaiknya menggunakan roentgen. Nyeri dan keterbatasan gerak dapat memicu terjadinya atrofi (pengecilan) pada otot-otot di sekitar daerah yang cedera tersebut dalam jangka panjang.

Untuk mendeteksi kondisi lengan bapak Saudari tersebut, kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan X-ray (roentgen) pada sekitar tulang bahunya. Pemeriksaan ini diharapkan juga dapat melihat kondisi jaringan lunak di sekitar tulang bahu tersebut. Setelah jelas kelainannya, barulah dapat kita tentukan langkah pengobatan selanjutnya. Saudari juga dapat berkonsultasi dengan ahli ortopedik (untuk pengobatan);  dan fisioterapis, begitu pula osteopath, atau akupunkturis sebagai pilihan terapis non konvensional, untuk merehabilitasi pergerakan lengan Bapak Saudari secara perlahan-lahan agar dapat kembali seperti sedia kala, biidznillaah.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply