Rubrik Kesehatan: Trombosit Naik

Rubrik Kesehatan: Trombosit Naik

Trombosit

Jika Trombosit Naik

Pertanyaan:

Bagaimana cara menurunkan Trombosit yang terlalu tinggi. Dan apa yg menyebabkan naiknya trombosit..

Dari: Septi

Jawaban:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada tim kami.

Kenaikan trombosit, atau platelet, komponen sel darah terkecil yang berperan vital dalam proses pembekuan darah, dinamakan dengan trombositosis. Trombositosis dapat terjadi dikategorikan sebagai kejadian primer, yakni tanpa adanya penyebab lainnya. Kondisi ini dinamakan trombositemia esensial, dengan jumlah platelet  > 450.000 / mikro L.

Penyebabnya diduga adalah kelainan pertumbuhan pada stem cell pembentuk sel-sel darah. Kategori selanjutnya adalah trombositosis sekunder, yaitu yang disebabkan oleh adanya penyakit lain, seperti penyakit inflamasi kronik (TBC, penyakit inflamasi usus besar (Inflammatory Bowel Disease), sarkoidosis, arthritis reumatoid, dan lainnya), infeksi akut, perdarahan, hemolisis, kanker, spelenektomi, dan penyakit sel darah lainnya (leukimia, dll).

Penurunan jumlah trombosit, dalam dunia medis konvensional, dilakukan dengan cara menekan produksi trombosit di sumsum tulang, dengan menggunakan agen seperti hidroksiurea, anagrelide, dan interferon alfa-2b. Agen tersebut memerlukan penggunaan yang sangat hati-hati. Kami mohon maaf belum dapat menyertakan data pengobatan lainnya, karena belum menemukan bukti penelitian yang valid. Berbekam kemungkinan memiliki potensi untuk mengurangi produksi platelet, baik akibat pengeluaran darah langsung maupun stimulasi pada titik tertentu yang menekan produksi platelet atau trombosit, namun hal ini harus dikonfirmasi lebih lanjut lagi, terutama oleh sejawat yang berkecimpung di dunia bekam.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply