Rubrik Kesehatan: Obat Menurunkan Minus Mata

Rubrik Kesehatan: Obat Menurunkan Minus Mata

obat mata minus

Obat Minus Mata

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Dokter, saya mau nanya. Adakah obat yang bisa menurunkan minus mata atau harus operasi mata? Mohon penjelasanya.

Jazakallah khairan. Syukron

Dari: Fatkhurokhman

Jawaban:
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Mata minus, atau myopia, adalah kondisi dimana sumbu bola mata memanjang akibat penggunaan mata untuk fokus melihat dekat terlalu sering. Menurut salah satu sumber, International Myopia Prevention Association, hal ini menyebabkan otot mata menjadi ‘terkunci’ dan tidak dapat melihat jauh dengan jelas lagi.

Kondisi ini, sepengetahuan kami, dan dalam teknologi saat ini, memang tidak dapat dipulihkan total seperti semula, kecuali mungkin dengan operasi seperti LASIK atau operasi mata lainnya. Untuk obat minum, begitu pula obat tetes, kami tidak mengetahui adanya obat yang yang telah teruji klinis dapat menurunkan minus mata.

Terdapat beberapa klaim empiris mengenai beberapa pengobatan herbal atau alternatif lain yang mengaku dapat menyembuhkan myopia, namun karena penelitian terkait produk atau metode yang digunakan belum jelas, maka kami tidak dapat merekomendasikannya.

Meski demikian, pertambahan minus mata dapat dihambat dengan cara sedapat mungkin meletakkan obyek yang membutuhkan kerja melihat dekat, seperti membaca, melihat komputer, menjahit, dan sejenisnya sejauh mungkin dari mata, namun masih dapat terlihat jelas; melakukan aktivitas yang membutuhkan penglihatan dekat tersebut pada ruang dengan pencahayaan optimal untuk mengurangi kerja akomodasi mata, dan sering mengistirahatkan mata saat melakukan kerja tersebut, misalnya dengan memandang kejauhan selama beberapa menit. Wallaahu a’lam.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuk Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply