Rubrik Kesehatan: Anak Ada Benjolan di Leher

Rubrik Kesehatan: Anak Ada Benjolan di Leher

mendambakan anak sehat dan shalih

Anak Ada Benjolan di Leher

Pertnyaan:

Bahaya atau tidak, ada benjolan di daerah leher bawah telinga kanan pada anak saya usia 8 tahun?

Dari: Edi

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan.

Benjolan di daerah leher atau bagian belakang telinga, yang umumnya dapat diraba namun tidak jelas nampak, dengan konsistensi kenyal dan dapat digerakkan, awal bengkak nyeri namun setelahnya tidak nyeri, biasanya merupakan pembesaran kelenjar getah bening. Daerah leher dan belakang telinga memang memiliki jumlah kelenjar getah bening yang banyak, dan dapat mengalami pembesaran jika anak pernah mengalami infeksi pada organ di daerah kepala dan leher tersebut.

Sepengetahuan kami, pembesaran kelenjar ini tidak berbahaya. Yang harus lebih diperhatikan adalah gejala yang timbul selain pembesaran tersebut, misalnya demam tinggi dan kesulitan bernafas pada pernanahan di daerah faring, demam dan amandel ditutupi selaput putih pada difteri, demam ringan lebih dari 2 minggu disertai batuk dan penurunan nafsu makan serta berat badan anak pada TBC, dan gejala penyakit lainnya. Atau jika benjolan tersebut keras, membesar secara progresif, dan tidak dapat digerakkan. Pada seluruh kondisi ini, kami anjurkan Saudara untuk segera memeriksakan anak untuk diagnosis dan penanganan yang lebih dini.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply