Penyebab Sering Sariawan

Penyebab Sering Sariawan

Sering Sariawan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillah, walhamdulillah wasollollohu ala nabiyyina muhammad wa ala alihi wa ashabih.

Pengasuh milist yang saya muliakan, saya mau berkonsultasi tentang penyakit yang dialami oleh ibu saya.

Ibu saya sudah berumur sekitar 75 tahun, mengalami sakit pada mulut, sariawan, dan ini sudah sering, sehat dan kambuh lagi, sampai sampai tidak bisa makan dan harus di infus, sudah bermacam obat namun qodarulloh belum sembuh.

Jadi apalah kira-kira yang lebih tepat obatnya? Atas jawabannya saya ucapkan jazakllohukhoiron katsiro.

Dari: Solahuddin Batubara

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Sariawan (istilah medisnya stomatitis aphtosa)merupakan penyakit pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan  dengan tekstur permukaan agak cekung. Penyakit ini paling sering ditemukan dari berbagai penyakit mulut dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat.

Penyebab sariawan pendapat terkuat adalah autoimun karena dua faktor utama

1. Faktor Lokal

Misalnya kebersihan mulut, adanya tambalan gigi yang tajam, ada sisa akar gigi, penggunaan kawat gigi maupun penggunaan gigi palsu yang kurang baik.

2. Faktor Sistemik

Misalnya kesehatan tubuh secara umum yaitu ada penyakit yang menadasari misalnya anemia, kelainan usus, kelainan darah (leukimia) atau penyakit sistemik lainnya.

Umumnya Lamanya sariawan sekitar  7 – 14 hari dan bisa sembuh sendiri. Kebanyakan sariawan yang sering kambuh-kambuhan dan lama sembuhnya di akibatkan oleh faktor sistemik yaitu ada penyakit yang mendasari. Belum lagi jika ada alergi terhadap beberapa zat misalnya alergi pedas dan makanan tertentu yang bisa memicu sariawan.

Selain itu ada faktor lain yang bisa memicu sariawan misalnya ada luka tergigit di mukosa mulut, kekurangan vitamin C dan zat besi, stres dan depresi yang membuat mulut kering dan kondisi tubuh yang tidak prima.

Cara mengobatinya sesuai dengan penyebabnya. Misalnya ada penyakt yang mendasari maka penyakit tersebut harus disembuhkan terlebih dahulu. Kami sarankan ibu anda diperiksa lebih lengkap agar diketahui penyebabnya. Syafahallah (semoga Allah menyembuhkannya).

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur