Penebalan Pada Dinding Rahim

Penebalan Pada Dinding Rahim

kesehatan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Hari Kamis yang lalu kami melakukan USG dengan dokter spesialis kandungan, karena mens deras dan banyak secara terus-menerus selama 23 hari. Setelah di USG ditemukan oleh dokter tersebut bahwa ada penebalan pada dinding rahim. Kami diberi obat pendarahan dan tambah darah, dan diminta ketemu dokter lagi setelah 9 atau 3 minggu lagi, untuk diagnose selanjutnya apakah akan dikoret.

Pertanyaan:

1. Jika kami memilih untuk tidak dikoret adakah alternative lain seperti disinar dapat menjadi solusi?

2. Pengobatan herbal apakah yang bisa kami lakukan?

Atas jawabannya dihaturkan terima kasih.

Wassalam

Dari: Yulia

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada tim kami.

Kondisi menstruasi dengan jumlah yang banyak, > 80 mL (menorrhagia), dan lebih dari panjang siklus biasanya, termasuk ke dalam terminologi perdarahan uterus disfungsional. Salah satu penyebabnya adalah penebalan dinding rahim, yang bisa terjadi tanpa sebab yang dapat diidentifikasi, maupun adanya polip atau adenomyosis yang tersembunyi.

Beberapa penanganan yang disarankan untuk penebalan dinding rahim diantaranya adalah:

1. Asam tranexamat, baik disertai maupun tidak dengan asam mefenamat. Asam tranexamat berfungsi untuk mengurangi perdarahan. Jika diduga perdarahan dapat menyebabkan anemia, maka suplemen untuk mengatasi anemia pun diberikan.

2. Pil KB kombinasi, IUD, ataupun medroxyprogesteron asetat untuk mengontrol perdarahan.

3. Jika terapi obat-obatan tidak berhasil, maka pilihan selanjutnya adalah kuretase. Kuretase dapat berfungsi untuk diagnostik, yakni mengambil sampel dinding rahim sekaligus melakukan eksplorasi adakah mioma atau massa lainnya di dinding rahim. Pengambilan sampel dinding rahim untuk melihat kondisi sel rahim cukup penting, untuk mendeteksi kemungkinan kanker endometrium (dinding rahim), khususnya pada penebalan dinding rahim > 4 mm, atau terjadi penebalan di satu lokasi saja (fokal), atau penebalan dinding yang tidak merata (ireguler).

Penggunaan terapi di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penderita untuk hamil.

Adapun terapi sinar, jika yang dimaksud adalah radioterapi, yakni terapi menggunakan radiasi, kami belum menemukan sumber yang menyatakan terapi ini ada manfaatnya pada kondisi penebalan dinding rahim.

Beberapa jenis herbal yang secara empiris memiliki efek memperbaiki keluhan menorrhagia adalah jahe, daun tanaman sambang darah (Excoecaria cochinchinensis), dan chasteberry (vitex agnus castus). Hendaknya untuk penggunaan herbal di atas dikonsultasikan dengan herbalis yang ahli dan amanah. Disamping itu, suplementasi vitamin A, B kompleks, C dan bioflavonoids, juga flaxseed dan protein kedelai, juga memiliki pengaruh memperbaiki kondisi menorrhagia.

Semoga Allah Ta’ala menganugerahkan kesembuhan bagi Ibu dengan kesembuhan terbaik.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply