Pakaian Apakah yang Boleh Dipakai Saat Berihram?

Pakaian Apakah yang Boleh Dipakai Saat Berihram?

Pertanyaan:

Pakaian apakah yang boleh dipakai saat berihram?

Jawaban:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang pakaian apa yang boleh dipakai oleh seorang muhrim (orang yang berihram -ed.) ketika sedang ihram.

فَقَالَ: لاَ يَلْبَسُ الْقَمِيْصَ، وَلاَ الْعِمَامَةَ، وَلاَ الْبَرْنَسَ، وَلاَ السَّرَاوِيْلَ، وَلاَ ثَوْبًا مَسَّهُ وَرَسٌ وَلاَ زَعْفَرَانُ، وَلاَ الْخُفَّيْنِ إِلاَّ أَنْ لاَ يَجِدَ نَعْلَيْنِ، فَلْيَقْطَعْهُمَا حَتَّى يَكُوْنَا أَسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dia tidak boleh memakai kemeja, serban, kopiah, dan celana, serta pakaian yang dicelup dengan wars dan za’faran. Juga tidak boleh memakai khuf, kecuali bila tidak mendapati sendal, maka hendaklah ia memotong keduanya hingga tingginya di bawah mata kaki.” (HR. Muttafaq ‘alaihi).

Sumber: Fatawa Rasulullah: Anda Bertanya Rasulullah Menjawab, tahqiq dan ta’liq oleh Syaikh Qasim ar-Rifa’i, Ibnu Qoyyim al-Jauziyah, Pustaka As-Sunnah, Cetakan Ke-1, 2008.
(Dengan penataan bahasa oleh www.konsultasisyariah.com)

KonsultasiSyariah.com adalah situs rujukan untuk Fatwa dan Tanya Jawab seputar Pendidikan Islam dan Keluarga berbahasa Indonesia. KonsultasiSyariah.com diasuh oleh tim ahli syariah. Silakan lihat halaman "Tentang Kami" untuk info selengkapnya.