Obat Sakit Vitilligo

Obat Sakit Vitilligo

Obat Sakit Vitilligo

Obat Sakit Vitilligo

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Apakah penyakit vitilligo belum ada obatnya?

Saya pria usia 26 th, timbul bercak putih di kelopak mata kanan dan kiri, sudah 4 tahun ini makin lama makin membesar bercak tersebut.

Dari: Arie

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan Saudara kepada kami.

Penyakit vitiligo, adalah berkurangnya pigmentasi kulit akibat hilangnya melanosit, sel yang berperan dalam proses pigmentasi kulit. Penyebabnya belum begitu diketahui hingga saat ini, meskipun bukti yang ada menunjukkan keterlibatan proses autoimun dalam kejadian penyakit ini. Bergantung pada luasnya area depigmentasi, terdapat beberapa jenis terapi untuk vitiligo, yakni:

  • Untuk area yang kecil, dapat digunakan jenis kortikosteroid yang kuat.
  • Alternatif lainnya adalah obat golongan kalsineurin, seperti takrolimus dan pimekrolimus.
  • Pilihan selanjutnya adalah psoralen plus ultraviolet A (PUVA) oral dan topikal
  • Terapi sinar menggunakan sinar ultraviolet B (UVB)
  • Terapi laser
  • Terapi bedah, jika pengobatan farmakologis diatas gagal/tidak efektif. Terapi bedah disini misalnya adalah graft autolog (pencangkokan kulit) dari kulit penderita sendiri, yakni di daerah kulit tertentu yang dinilai sesuai dengan jenis kulit yang mengalami depigmentasi.

Untuk mengetahui jenis terapi yang sesuai dengan kondisi Saudara, sebaiknya Saudara berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di daerah Saudara.

Semoga bermanfaat,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply