Obat Mata Bintitan (Timbilan)

Obat Mata Bintitan (Timbilan)

Obat Mata Bintitan/Timbilan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Mau tanya, saudara saya Laki-laki 26 tahun, sakit bintitan/timbilan, baru 1 hari bengkak di seluruh kelopak mata. Sudah diberi minyak tawon, minyak bokasih tapi belum sembuh mohon saran-saran Dokter. Bagaimana terapi yang harus dilakukkan?

Syukron

Dari: Rizky

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Bintitan atau timbilan, yang disertai dengan pembengkakan pada kelopak mata, dalam dunia medis diistilahkan dengan hordeolum. Hordeolum eksterna adalah obstruksi dan infeksi folikel bulu mata dan kelenjar yang berdekatan, seperti kelenjar Zeiss atau Moll. Sedangkan hordeolum interna yang lebih jarang adalah infeksi kelenjar meibomian. Infeksi ini bersifat akut dan terlokalisir di satu titik, mengandung nanah (bersifat pyogenik, sebagian besarnya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus).

Untuk terapinya, bagian mata dan sekitarnya dapat dikompres menggunakan air panas 2-3 kali sehari, selama 5-10 menit (bisa hingga 15 menit, kompres sebaiknya menutupi mata yang tertutup dan jaringan sekitarnya dan sedikit ditekan) untuk mempercepat ‘matangnya’ pernanahan dan infeksi. Pada hordeolum eksterna, biasanya dalam 2-4 hari pembentukan nanah akan mencapai puncak, bintitan akan pecah dan nanah akan keluar dan mengering, sehingga keluhan menghilang dan penyakit pun sembuh.

Jika dalam rentang waktu demikian tidak ada perbaikan, maka kemungkinan diperlukan irisan kecil dengan pisau bedah dan teknik yang steril untuk membantu keluarnya nanah. Jika terjadi peradangan jaringan lunak yang luas, ditandai dengan jaringan bengkak, merah, nyeri, disekitar mata, disertai demam, dibutuhkan antibiotik oral seperti erithromycin untuk menanganinya. Adapun hordeolum interna, diterapi dengan antibiotik oral dan pengirisan benjolan dengan pisau bedah steril jika diperlukan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply