Mengobati Cacing Kermi

Mengobati Cacing Kermi

Cacing Kermi

Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Dok, anak saya umur 20 bulan, cewek, menderita cacingan tepatnya cacing kermi. Gimana ya cara ngobatinnya? Pake obat apa ya? Dosisnya?

Matur suwun.

Wassalamu’alaikum

Dari: Khoridah

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Ibu yang dirahmati Allah,

Penyakit akibat cacing kremi pada anak usia 20 bulan, yang salah satu tandanya adalah rasa gatal yang intens di daerah dubur pada malam hari, dapat diobati menggunakan jenis obat cacing berbahan aktif mebendazole (dikonsumsi dengan dimakan, 100 mg dosis tunggal), atau albendazole (400 mg, dosis tunggal) yang dapat diulang 2 minggu setelah pemberian pertama. Karena usia anak Ibu dibawah 2 tahun, kami sarankan tetap memeriksakan anak ke dokter agar dipilihkan jenis obat yang sesuai, begitu juga kemungkinan efek samping yang dapat timbul (seperti sakit kepala, mual, gangguan pembentukan sel darah, dan sebagainya).

Perlu diketahui juga bahwa infestasi cacing ini bisa saja berulang karena telur cacing yang dapat hidup masih dapat dikeluarkan melalui feses hingga seminggu setelah terapi, dan telur yang sudah ada/melekat pada lingkungan seperti pakaian atau sprei, jika dikeluarkan sebelum terapi, dapat bertahan sampai sekitar 3 minggu. Sehingga seluruh pakaian/ bahan tersebut harus rutin dicuci dan dibersihkan, begitu juga lingkungan rumah (jika memungkinkan menggunakan alat penyedot debu).

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply