Mata Pegal-Pegal

Mata Pegal-Pegal

sakit mata merah

Sakit Mata Pegal Pegal

Assalamualaikum dok,,
Saya seorang ibu rumah tangga berusia 36 tahun dan juga memakai kacamata. Mata saya terasa pegal-pegal dan juga di bagian putih mata saya terlihat urat berwarna merah padahal saya jarang membaca dan juga tidak bekerja dan juga saya jarang menggunakan komputer. Apa nama penyakit saya…?? Apakah parah dan bagaimana cara mengobati nya…??
MOHON BANTUAN NYA…

Dari Lina

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Ibu yang kami hormati,

Rasa pegal dan tidak nyaman pada mata bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

  • Kerja mata yang fokus dan lama. Pekerjaan ini tidak saja pada pengguna komputer, tapi bisa juga pada pekerjaan rumah tangga seperti menjahit, menyulam, dsb.
  • Ketidaksesuaian kaca mata dengan kelainan refraksi mata saat ini (misalnya minus atau plus mata bertambah).

Karena ibu menggunakan kacamata, untuk mengurangi rasa pegal pada mata, ada baiknya ibu memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis mata, untuk mengetahui kondisi mata saat ini.

Selain itu, kunjungan ke dokter mata juga dapat digunakan untuk mengetahui diagnosis “urat” kemerahan pada konjungtiva yang Ibu keluhkan, karena diagnosis pastinya harus ditegakkan dengan melihat langsung jenis kelainannya. Jika diagnosisnya sudah diketahui, maka solusinya pun dapat lebih mudah ditemukan.

Dan jika perlu dilakukan penggantian kaca mata, maka sebaiknya diganti. Selain itu, ibu juga sebaiknya mengistirahatkan otot-otot matabeberapa kali dalam sehari, seperti dengan melihat ke kejauhan tanpa menggunakan kacamata.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur

 

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.