Lama Waktu Suci dari Nifas ke Haid

Lama Waktu Suci dari Nifas ke Haid

darah haid wanita

Lama Waktu Suci dari Nifas ke Haid

Pertanyaan:

Assalamua’laikum.

Berapa bulan jarak suci dari nifas ke haid lagi ya Dok?

Dari: Abahna Firsya

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Kami tidak mengetahui adanya patokan jarak yang pasti untuk jarak antara nifas-haid tersebut. Secara fisiologis, nifas berlangsung sekitar 5-6 minggu, bisa lebih pendek, maupun lebih panjang durasinya, adapun penyembuhan sel-sel dinding rahim berlangsung lebih cepat, dan dalam masa itu pula sudah kembali seperti semula. Namun karena haid sangat dipengaruhi oleh peran hormon yang dihasilkan ovarium, dan hormon tersebut dapat tertekan produksinya oleh proses menyusui, maka terdapat variasi pada masa haid setelah nifas.

Pada ibu yang tidak menyusui, haid terjadi lebih cepat, bisa pada minggu ke 7-9 atau lebih. Namun pada ibu yang menyusui, haid bisa tertunda lebih lama, bergantung pada seberapa sering dan seberapa lama bayi menyusui, dan apakah bayi diberi tambahan susu formula atau tidak. Secara logis, ibu yang menyusui dengan metode ASI eksklusif akan lebih lama jarak antara selesai nifas dengan haid selanjutnya, bisa berlanjut hingga 36 minggu setelah kelahiran atau bahkan lebih.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply