Konsultasi Kesehatan: Sakit yang Aneh Menyerupai Asam Lambung

Konsultasi Kesehatan: Sakit yang Aneh Menyerupai Asam Lambung

kesehatan perut dan pencernaan

Kesehatan Asam Lambung

Pertanyaan:

Nama saya Andri Yatna 22 Tahun

Keluhan: Bertahak atau bersendawa terlalu sering, terlebih bila habis makan perut terasa begah walau saat belum makan, sakit di bagian dada, sesak nafas, sakit di perut bagian samping kanan, dan seperti ada benjolan kecil, jantung berdetak kencang terus padahal sedang tidak ngapa-ngapain.

Lama timbulnya penyakit: 2 tahun

Obat atau terapi yang sudah dijalankan: Pertama pengobatan alternatif dan saat diobati keluar cairan hitam dari mulut saya dan katanya saya diikuti 3 mahluk halus, astagfirulloh.. Kedua, saya diobati oleh guru spiritual saya.

Ketiga, saya diobati dengan pengobatan alternatif juga di dekat rumah beliau berasal dari cirebon dan pernah di bawakan air bumi yang telah di bacakan oleh pengajian besar kumpulan para ulama dari cirebon dan hasilnya nihil. Keempat, oleh saudara saya seorang perempuan yang beragama non muslim juga nihil.

Kelima oleh guru spiritual teman saya, orangnya masih muda asal Banten. Diobati di rumah saya dan keluarlah peniti emas, sekrup, jarum, baut, mur, kawat yang sudah berkarat. Beliau bilang ada yang tidak suka dengan saya, dan semua benda itu dikeluarkan dari badan saya di depan ibu saya.

Terakhir adalah di pengobatan alternatif asal Aceh, 2x saya sampai memesan obat untuk di minum selama 1 bulan juga nihil.

Bagaimana ini solusinya Pak Dokter? Saya bingung. Oh ya ada lagi pengobatan yang saya ikuti. Saya malah merasa mengikuti komunitas Islam yang menyimpang. Masa saya mau diobati suruh diambil sumpah dulu, terus suruh istigfar teriak-teriak yang kencang di dalam masjid dan saya di suruh muntah di masjid itu.

Di sana juga aneh tidak ada yang berpakaian muslim untuk lelaki. Berkumpul sampai subuh, tidak ada kegiatan ibadah seperti solat berjamaah atau baca Alquran. Malah pas adzan subuh terdengar dari masjid lain komunitas itu membubarkan diri.

Apa yang ingin dikonsultasikan dari keluhan tersebut (terapi, prognosis, keduanya, edukasi, dsb) : Saya minta terapi tapi saya tidak tahu dimana lagi harus mencoba saya juga ingin edukasi. Tolong saya Pak Dokter.

Dari: Andri

Jawaban:

Saudara yang dirahmati Allah,

Sedikit banyak kami dapat merasakan kebingungan dan kegelisahan yang Saudara alami akibat keluhan kesehatan yang Saudara derita saat ini. Semoga Allah Ta’ala segera mengangkat sakit yang Saudara derita.

Dari keluhan yang Saudari sampaikan, kemungkinannya memang ada masalah pada saluran cerna Saudara. Produksi asam lambung yang berlebih misalnya, dapat menimbulkan keluhan nyeri di bagian perut atas dan sekitarnya, nyeri di daerah dada, sesak nafas, rasa terbakar di kerongkongan; disisi lain bisa juga menyebabkan gejala perut terasa sebah dan tidak nyaman, jumlah gas dalam lambung meningkat, dan keluar menjadi sendawa. Gangguan irama pada jantung, rasa nyeri maupun tegang dan cemas dapat menimbulkan perasaan berdebar-debar yang tidak nyaman (palpitasi). ini hanya sebagai gambaran saja bahwa keluhan yang Saudara derita kemungkinan besar memang ada dasar penyakit fisiknya sehingga perlu diperiksakan pada ahli kesehatan.

Saudara yang dirahmati Allah, penentuan jenis terapi, juga edukasi yang tepat, tentu memerlukan diagnosis yang akurat terlebih dulu, dan penegakan diagnosis memerlukan analisis riwayat yang cermat dan pemeriksaan fisik serta penunjang, yang tidak mungkin kami lakukan melalui internet. Karena itu, kami sarankan Saudara untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan seperti dokter spesialis penyakit dalam, untuk mengetahui problem kesehatan apa saja yang Saudara alami dan terapinya. Dari riwayat pengobatan alternatif yang Saudara jalani, sebaiknya ditinggalkan saja, dan mulailah meruqyah diri sendiri sebagaimana yang dicontohkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sambil berobat kepada ahli kesehatan yang amanah. Ruqyah yang Saudara lakukan bisa mengikuti contoh dari hadits-hadits Nabi yang shohih, juga dengan banyak membaca Alquran tanpa mengkhususkan surat tertentu kecuali yang ada dalilnya, karena Alquran juga merupakan obat penyembuh bagi penyakit fisik terlebih penyakit batin. Hendaknya Saudara bersabar dalam berusaha meraih kesembuhan, dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Ta’ala.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik 

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply