Konsultasi Kesehatan: Sakit di Pangkal Paha Kanan

Konsultasi Kesehatan: Sakit di Pangkal Paha Kanan

Sakit di Pangkal Paha Kanan

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Maaf, mau nanya. Kenapa ya pangkal paha sebelah kanan sering pegal, pinggang sebelah kanan juga, dan kaki?

Dari: Khodijah

Jawaban:
Wa’alaikumussalaam warahmatullahi wabarakatuh

Saudari yang semoga senantiasa dalam limpahan rahmat dan barokah Allah Subhanahu wa Ta’ala, terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.

Nyeri pada pangkal paha satu sisi, disertai pinggang, dan kaki (apakah juga satu sisi, atau keduanya?), merupakan keluhan yang masih cukup umum, dan dapat terkait dengan berbagai macam organ. Di antaranya adalah adanya batu pada organ saluran kemih bagian atas, seperti ginjal dan saluran penghubungnya (ureter), pembuluh darah besar di dekat daerah pangkal paha, otot-otot daerah pangkal paha, pinggang bagian bawah, saraf di daerah tersebut, peradangan sendi pangkal paha, peradangan organ dalam panggul, khususnya karena jenis kelamin wanita, maupun disebabkan oleh postur tubuh sehari-hari yang salah (misalnya cara duduk atau jalan yang menyebabkan tekanan berlebih pada kaki kanan), atau kegiatan kaki kanan yang lebih berat.

Untuk menentukan yang mana yang lebih mendekati diagnosis, maka diperlukan data yang lebih lengkap terutama mengenai kapan timbulnya nyeri, berapa lama, faktor pengurang atau penambah nyeri, obat yang dikonsumsi, kegiatan, pekerjaan, dan siklus tubuh harian semisal berkemih dan biang air besar, makanan yang diasup, dan lain sebagainya. Akan tetapi karena data tersebut tidak disertakan, kami mohon maaf tidak dapat memberikan jawaban lebih lengkap.

Meski demikian, berikut saran yang dapat kami berikan kepada Saudari untuk mencegah atau mengurangi gejala:

1. Apapun aktivitas Saudari, usahakan minum air putih yang cukup, minimal 2 L perhari, dan bisa lebih jika dibutuhkan, untuk menjaga kesehatan tubuh dan fungsi ginjal.

2. Berolahraga yang teratur, untuk melemaskan otot otot, mengencangkan, dan membiasakan sehingga tidak mudah lelah.

3. Memperhatikan postur tubuh dan menyeimbangkan penggunaan kaki kiri dan kanan saat beraktivitas.

4. Membacakan ruqyah di daerah yang sakit, diiringi sedikit meludah pada tangan kemudian diusapkan pada bagian yang sakit tersebut.

5. Mengkonsumsi obat antinyeri sesuai dosis dan aturan yang tertera di kemasan.

6. Jika sakit berlanjut, bahkan memberat meski sudah melakukan perubahan gaya hidup, hendaknya diperiksakan ke dokter kalau-kalau ada penyakit lain yang tidak diketahui dan menyebabkan nyeri.

Semoga bermanfaat,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply