Konsultasi Kesehatan: Agregasi Trombosit

Konsultasi Kesehatan: Agregasi Trombosit

Konsultasi Kesehatan: Agregasi Trombosit

Pertanyaan:

Maaf Dokter, saya mau menanyakan apa tujuan dalam pemeriksaan agregasi trombosit? Dan apakah perlu puasa? Bila perlu puasa tujuannya untuk apa?

Terima kasih dokter

Dari: Nikmah Nasution

Jawaban:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih kami haturkan atas pertanyaan yang diberikan.

Pemeriksaan agregasi trombosit dilakukan sebagai alat bantu untuk evaluasi kelainan/gangguan perdarahan pada seseorang, dengan memeriksa laju dan derajat pembetukan agregat/sumbat trombosit setelah dicampurkan dengan bahan kimia tertentu yang dapat memacu agregasi/berkumpulnya trombosit tersebut. Pada beberapa penyakit sistem perdarahan, seperti hemofilia, kecepatan, dan jumlah agregat platelet berkurang.

Dianjurkan untuk menghindari makan dan minum selama 8 jam sebelum pengambilan sampel darah yang akan diperiksa, atau konsumsi hanya makanan tanpa lemak dan air, sebab adanya lemak dalam makanan yang terserap tubuh disebutkan dapat mengaburkan hasil pemeriksaan. Beberapa zat yang dapat mengganggu validitas hasil pemeriksaan di antaranya; lemak, minuman bersoda, coklat, stres psikologis, dan konsumsi daging merah yang berlebihan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply