Khasiat Minyak Zaitun

Khasiat Minyak Zaitun

Khasiat Minyak Zaitun

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dokter.

Apa sajakah khasiat dari minyak zaitun? Jika ingin meminumnya berapa dosis yang dianjurkan?

Apakah cukup 1 sendok makan sehari atau bagaimana?

Mohon penjelasan, terima kasih.

Wassalamu’alaikum

Dari: Muharlan

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Minyak zaitun, yang merupakan minyak yang penuh berkah dan seringkali disebutkan dalam Kitabullah yang agung, memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Diantaranya adalah:

– Sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu sebab utama penuaan dini sel-sel tubuh dan kanker.

– Menurunkan kadar lemak ‘buruk’ dalam tubuh.

– Memiliki kandungan asam oleat dan skualen yang tinggi, yang dikaitkan kuat dengan efek antikanker dan membantu meningkatkan imunitas tubuh.

– Dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam darah, yang sering disebut sebagai ‘kolesterol baik’ sehingga menurunkan peluang menderita penyakit jantung koroner.

– Kandungan fitosterolnya memiliki dampak mencegah oksidasi LDL, ‘kolesterol jahat’ dalam darah sehingga tidak menempel di pembuluh darah (jika menempel dapat menyebabkan sumbatan pembuluh darah).

– Melapisi luka pada lambung dan mengurangi risiko radang usus.

– Mencegah obesitas jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

– Menjaga kelembaban dan kesegaran kulit, dan membantu menangkal kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV), seperti kulit kering, terbakar, keriput, bercak coklat, bahkan penuaan dini.

– Minyak zaitun juga dapat menjaga kesehatan  rambut dan kuku.

Penggunaan minyak zaitun untuk tujuan beragam, kami belum mendapatkan standar dosis yang baku. Rentang yang ada dalam berbagai penelitian adalah 1-3 sendok makan perhari. Jumlah ini bisa lebih jika minyak zaitun juga dicampurkan langsung ke dalam makanan berupa dressing salad atau lainnya.

Tiga sendok makan per hari digunakan pada penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung atau kanker, atau orang-orang yang berisiko menderita radang usus berat yang dikhawatirkan berlanjut menjadi kanker usus.

Asupan 1-2 sendok makan per hari dapat digunakan untuk penurunan berat badan (konsumsi dilakukan sekitar 2 jam sebelum makan), atau merawat keremajaan kulit, dan pemeliharaan kesehatan tubuh secara umum. Minyak zaitun juga dapat dioleskan langsung di kulit, misalnya kulit wajah untuk mendapatkan efek melembabkan dan melembutkan.

Namun demikian, hendaknya dipilih minyak zaitun yang memang dimaksudkan untuk dapat dikonsumsi langsung dengan zat gizi yang masih prima, semisal minyak zaitun ekstra virgin yang asli. Sebab tingkat kualitas dan gizi minyak zaitun bervariasi, seiring dengan semakin banyaknya perasan yang dilakukan pada buah zaitun. Minyak hasil perasan pertama adalah yang paling baik.

Di pasaran, minyak zaitun jenis tertentu diperuntukkan untuk memasak saja. Keaslian dan cara penyimpanan minyak zaitun (dalam botol kaca gelap) juga perlu diperhatikan dalam memilih minyak ini bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply