Kencing Sering Keluar: Tinjauan Syariah dan Medis

Kencing Sering Keluar: Tinjauan Syariah dan Medis

selalu-keluar-air-kencing-najiskah-celana

Terlalu Sering Kencing

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Dokter, saya mengalami masalah dalam buang air kecil (BAK). Dalam sehari saya sering sekali BAK, lebih dai 10x dalam sehari. Dan kadang ketika anyang-anyangan bisa lebih sering lagi. Ketika baru bangun tidur biasanya selalu ingin BAK, dan lama baru tuntas, karena keluarnya sedikit-sedikit, jadi saya selalu menghabiskan waktu lama di WC. Dan dalam sehari-hari (ketika bukan bangun tidur) BAK-nya juga keluarnya sedikit-dikit tapi tidak selama ketika baru bangun tidur. Juga ketika setelah menahan BAK, ketika BAK rasanya tidak tuntas dan keluarnya sedikit-dikit dan lama.

Dulu pernah ke dokter katanya infeksi saluran kencing, kemudian diberi antibiotik. Tapi sampai sekarang masih. Saya sakit apa ya Dok? Dan apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya?

Jazakallah khairan katsir atas tanggapannya.

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari ajukan.

Seringnya buang air kecil, disertai perasaan mendesak (untuk berkemih) dan pengeluaran urin yang tidak lancar, diistilahkan dengan frekuensi dan urgensi. Gejala ini termasuk dari gejala iritatif, mencerminkan adanya iritasi pada kandung kemih sehingga mudah terstimulasi untuk berkemih, meskipun jumlah urin di dalamnya masih sangat sedikit untuk dikeluarkan. Akibatnya, urin keluar sedikit demi sedikit dengan selang waktu tertentu.

Gejala iritatif dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, diantaranya:

Infeksi saluran kemih, terutama pada kandung kemih. Wanita cenderung lebih berisiko untuk terkena ISK karena saluran uretra (saluran antara kandung kemih dengan dunia luar) lebih pendek dibanding pria. ISK pada wanita dapat kambuh kembali dengan frekuensi yang cukup sering jika pengobatan dan modifikasi gaya hidup tidak dilakukan dengan baik.

– Neurogenic bladder, yakni hilangnya kemampuan mengontrol kandung kemih sehingga timbul gejala seperti di atas, yang disebabkan oleh gangguan atau penyakit pada sistem saraf.

– Cystitis interstisialis, yakni peradangan kandung kemih yang disertai rasa nyeri pada kandung kemih.

Untuk memastikan jenis gangguan yang Saudari derita, kami anjurkan untuk memeriksakan diri kepada ahli kesehatan di bidang ini, seperti dokter spesialis urologi. Jangan ragu untuk mengemukakan keluhan yang diderita, mendiskusikan aktif pilihan pemeriksaan yang dapat digunakan, dan meminta second opinion jika masih ragu.

Hendaknya Saudari juga menghindari minuman ataupun makanan yang dapat menstimulasi kandung kemih, seperti kopi dan teh.

Semoga ada manfaatnya

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)

– – – – – – –

Catatan Pembina KonsultasiSyariah.com

Terkadang ada sebagian orang yang terjangkit penyakit was-was ketika buang air. Dia merasa seolah-olah ada yang menetes. Karena itu, anda perlu untuk membedakan apakah yang anda alami itu masalah kesehatan ataukah sebatas was-was setan. Ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan indikator bahwa sebenarnya itu hanya was-was setan:

1. Dialami oleh mereka yang masih berusia muda.

2. Terjadi belum lama dan umumnya setelah mulai rajin beribadah.

3. Umumnya terjadi ketika hendak menjalankan ibadah, terutama ketika hendak shalat.

Anda yang mengalami masalah air kencing yang suka menetes, jika tiga indikator di atas ada pada diri anda, anda bisa memastikan bahwa itu bukan masalah kesehatan anda tapi was-was setan.

Penanggulangannya bukan dengan obat dokter tapi dengan obat hati. Keterangan mengenai hal ini telah kami bahas di: http://www.konsultasisyariah.com/selalu-keluar-air-kencing

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply