Kesehatan: Sering Keluar Sperma Saat Tidur

Kesehatan: Sering Keluar Sperma Saat Tidur

kualitas sperma laki-laki

Kesehatan: Sering Keluar Sperma Saat Tidur

Pertanyaan:

Asalamu’alaikum.

Nama saya Ryan, umur 20 tahun.

Pak, setelah beberapa bulan terakhir ini saya sering keluar sperma saat tidur. Saya merasa jengkel juga akan kebiasaan ini. Dan keluarnya itu pun tanpa mimpi-mimpi sex.

Apakah ada suatu penyakit dalam tubuh saya?

Dalam Islam-kan kalau keluar mani harus mandi. Kalau tidak mandi bagaimana hukumnya? Kan tidak disertai mimpi?

Apakah ini juga penyebab kerontokan dan kebotakan rambut saya? Saya sering baca di internet, katanya keluar mani memicu kebotakan?

Mohon sekali pencerahannya.

Terima kasih Sebelumnya.

Wasalam.

Dari: Ryan

Jawaban:

Keluarnya sperma saat tidur (mimpi basah) merupakan bagian proses maturasi organ-organ reproduksi pria, jika terjadi saat remaja. Perlu diketahui bahwa testis pada pria terus menerus memproduksi sperma sampai masa andropause, dan salah satu cara mengeluarkan sebagian dari produksi sperma tersebut adalah dengan mimpi basah.  Namun kondisi ini bisa saja dialami dewasa muda yang belum aktif secara seksual/menikah ataupun pria yang telah menikah (meskipun lebih sedikit jumlahnya), dan sepengetahuan kami, jika tidak disertai rasa nyeri atau pembengkakan di daerah kelamin, kondisi ini masih tergolong normal.

Ya, wajib mandi. Bahkan yang menjadi acuan ketika seseorang mimpi basah adalah keluarnya mani. Selama orang itu keluar mani, maka dia wajib mandi, meskipun dia tidak ingat mimpinya atau bahkan sama sekali tidak mengalami mimpi basah.

Suatu ketika, Ummu Sulaim (ibunda Anas bin Malik) radhiallahu ‘anhuma, datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bertanya, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Allah tidak malu dalam menjelaskan kebenaran. Apakah wanita wajib mandi jika dia mimpi basah (mengeluarkan mani)?”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

نَعَمْ إِذَا رَأَتِ الْمَاءَ

Ya, apabila wanita melihat air mani (mengeluarkan mani) maka dia wajib mandi.”

Ummul Mukminin Ummu Salamah radhiallahu ‘anha, yang waktu itu berada di sampingnya, tertawa dan bertanya, “Apakah wanita juga mimpi basah (mengeluarkan mani)?”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

فَبِمَا يُشْبِهُ الْوَلَدُ

Iya. Dari mana anak itu bisa mirip (dengan ayah atau ibunya kalaupun bukan karena mani tersebut)?” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tentang apakah mimpi basah menyebabkan kerontokan, kami belum mendapatkan sumber ilmiah untuk pernyataan tersebut. Keluarnya sperma memang menyebabkan keluarnya pula energi vital tubuh, namun hal ini belum tentu menyebabkan kerontokan atau kebotakan. Kerontokan sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti genetik, stres, makanan, dan gaya hidup yang tidak sehat, cara merawat rambut dan produk perawatan rambut yang tidak sesuai, atau adanya penyakit pada rambut dan kulit kepala.

Dijawab oleh dr. Hafid N dan Ustadz Ammi Nur Baits
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply