Kesehatan: Resiko Hubungan Intim Saat Hamil Muda

Kesehatan: Resiko Hubungan Intim Saat Hamil Muda

Ibu hamil

Hubungan Intim Saat Hamil Muda

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

1. Istri saya hamil sekitar 6 minggu, boleh dan amankah melakukan hubungan suami istri saat usia kehamilan istri saya masih muda untuk janin yang dikandung?

2. Dan istri saya tidak suka makan sayuran, makanan apa yang baik untuk janin untuk pertumbuhan fisik dan  otaknya kelak serta untuk kesehatan istri saya?

Terima kasih

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dari: Nuryanto

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih Saudara atas pertanyaan yang diberikan kepada tim kami.

Sepengetahuan kami, berhubungan suami istri pada saat kehamilan muda tidak mengapa, sepanjang kehamilan berlangsung dengan lancar dan sehat. Efek dari berhubungan pun insya Allah tidak membahayakan janin. Meski demikian, hendaknya Saudara dan istri berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli kesehatan untuk mengetahui posisi yang tepat di tiap fase kehamilan.

Kandungan gizi dalam sayuran dan buah-buahan memang tidak begitu saja tergantikan dengan makanan lainnya. Kami anjurkan untuk memperbanyak konsumsi beragam buah, serta susu kehamilan atau suplemen nutrisi yang sesuai, seperti mengandung asam folat dan zat besi, agar kebutuhan gizi Ibu hamil tetap terpenuhi, sembari mencoba mensiasati konsumsi sayuran, misalnya dibuat salad, atau dibuat jus sayuran sehingga mudah dan cepat diasup.

Semoga Allah Ta’ala memudahkan kehamilan istri saudara dan mengaruniakan keturunan yang shalih dan shalihah bagi Saudara dan keluarga.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply