Kesehatan: Refluks Asam Lambung

Kesehatan: Refluks Asam Lambung

kesehatan asam lambung

Kesehatan: Refluks Asam Lambung

Pertanyaan:

Bismillah.

Dokter, saya sudah 3 tahun sering pusing (terasa berat di daerah dahi dan hidung), hidung tersumbat dan telinga berdenging, tapi sampai sekarang belum diketahui apa penyakitnya.

3 tahun yang lalu, saya merasakan kepala sering pusing (terasa berat di daerah dahi dan hidung), telinga berdenging dan mata berkunang-kunang. Lalu saya ke dokter syaraf dan dokter menyarankan MRI otak. Hasilnya semuanya sehat, tidak ada masalah. Dokter hanya memberikan obat penghilang pusing, tetapi tidak ada perubahan. Akhirnya saya biarkan saja keluhan pusing itu.

Kemudian 1 tahun kemudian, muncul keluhan baru, yaitu hidung sering tersumbat, sementara rasa pusingnya masih belum hilang. Kemudian saya ke dokter THT, di sana saya menjalani CT Scan untuk mengetahui sinusitis atau tidak. Itu pun hasilnya terhitung normal, tidak ada masalah. Dokter hanya memberikan obat rhinitis alergi, tapi sampai sekarang tidak ada perubahan.

Saya sempat berpikir apakah semua keluhan itu berasal dari gigi, mungkin ada gigi yang berlubang atau bagaimana. Lalu saya ke dokter gigi, rontgen. Dan hasilnya, lagi-lagi semua normal, tidak ada gigi yang berlubang. Akhirnya saya biarkan lagi keluhan-keluhan tersebut.

Kemudian 1 tahun berikutnya, sementara keluhan-keluhan yang pertama belum bisa diketahui penyebabnya, muncul keluhan baru lagi. Tenggorokan terasa ada yang mengganjal, seperti ada sesuatu di tenggorokan ketika menelan. Saya putuskan ke dokter THT lagi, disitu saya mejalani dua scanning, CT Scan Nasofaring dan esophagus (dengan barium) serta test lab jamur dan bakteri. Dan hasilnya, lagi-lagi semuanya normal, tidak ada masalah.

Disini saya mulai putus asa Dok, sementara keluhan terus bertambah dan terus saya alami, tapi serangkaian analisa menunjukkan hasil yang normal.

Satu dari diagnosa dokter THT yang belum saya tindak lanjuti adalah dugaan adanya refluks asam. Disini memang saya kurang begitu yakin dengan  diagnosa ini karena saya merasa keluhan yang saya alami kok seperti tidak ada hubungannya dengan refluks asam, saya tidak pernah merasa mual, makan juga tetap normal seperti biasa. Tapi ini hanya perasaan saya saja Dok, yang sama sekali tidak mengerti tentang dunia kedokteran.

Pertanyaan saya, apakah mungkin Dok, semua keluhan yang saya alami diatas berkaitan dengan refluks asam? Memang, selama ini saya kadang merasakan heart burn, tapi jarang, hanya kadang-kadang saja. Dan saya merasa ludah saya berlebih, hingga tenggorokan terasa terus berlendir. Saya juga sering merasakan ada yang berdenyut di daerah ulu hati, dan itu jelas sekali Dok, bisa diraba. Perut juga terasa panas jika tidur miring ke kiri. Jika memang ada kaitannya dengan refluks asam, kemana sebaiknya saya berkonsultasi Dok, ke spesialis penyakit dalam, atau spesialis hati dan saluran cerna?

Demikian dari saya, maaf agak panjang.

Jazakallahu khairan.

Nama              : Yanuardi Hidayat

Jenis kelamin     : Laki-Laki

Usia              : 32 Tahun

Tinggi/berat      : 168cm / 54kg.

Keluhan :

•       Pusing (terasa berat di daerah dahi dan hidung), keluhan ini tidak pernah hilang, hanya kadang berkurang dan kadang berat.

•       Hidung sering tersumbat.

•       Telinga kadang berdenging.

•       Seperti ada sesuatu di tenggorokan ketika menelan.

•       Sering ada yang berdenyut di daerah ulu hati.

•       Perut mulas ketika tidur miring ke kiri.

Lama keluhan    : Sekitar 3 tahun.

Keseharian :

Saya setiap hari bekerja di depan computer dalam ruangan ber AC selama sekitar 7 jam. Pagi sarapan oatmeal, siang makan nasi dan buah, malam kadang tidak makan nasi, hanya buah. Olahraga setiap minggu, ke kantor menggunakan sepeda. Saya juga pernah medical check up meliputi kolesterol, gula darah dll, semuanya normal.

Jawaban:

Bapak Yanuardi yang dirahmati Allah,

Terima kasih kami haturkan atas kesediaan Bapak untuk berkonsultasi dengan kami.

Bapak Yanuardi yang kami hormati,

Pemeriksaan dan penanganan kasus refluks asam lambung dapat dilakukan kedua dokter tersebut, namun kami berpendapat sebaiknya Bapak berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk memperluas kemungkinan diagnosis banding yang ada, karena keluhan yang Bapak derita memang beragam dan diperlukan penelusuran riwayat dan pemeriksaan fisik yang teliti dan mendetail untuk keluhan tersebut, juga apakah keluhan tersebut saling berkaitan atau berdiri sendiri.  Jika memang ada indikasi diperlukan keahlian lebih, maka dokter dapat menyarankan Bapak untuk meminta saran pengobatan dari subspesialisasi hati dan saluran cerna tersebut.

Di sisi lain, banyaknya keluhan dan hasil pemeriksaan yang normal, membuka kemungkinan juga bagi untuk memikirkan tentang opsi penanganan psikosomatis. Cabang ilmu penyakit dalam ini mungkin bisa membantu, jika memang hasil pemeriksaan penunjang yang didapatkan semuanya normal, untuk mengetahui adakah pengaruh psikis dalam timbulnya keluhan yang Bapak rasakan.

Semoga Allah Ta’ala segera mengangkat penyakit yang Bapak derita, dan hendaknya Bapak tidak berputus asa atas keadaan ini, namun terus berdoa agar Allaah menunjukkan jalan keluar kepada Bapak dan berobat ke ahli kesehatan sebagai bagian ikhtiar Bapak.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh:

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply