Kesehatan: Radang Usus

Kesehatan: Radang Usus

radang usus

Rubrik Kesehatan: Radang Usus

Pertanyaan:

Asalamu’alaikum.

Dok, 4 tahun yang lalu saya pernah kena gejala radang usus tapi setelah ke dokter dan dikasih obat sudah sembuh. Tapi yang menjadi pertanyaan saya bulan-bulan ini perut saya bagian bawah sering sakit dan terasa nyeri. Apa mukin Dok penyakit radang usus saya ada lagi? Dan saya sebaiknya harus gimana? Tolong di jawab ya Dok.

Terima kasih sebelumnya.

Dari: Pery

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Peradangan usus merupakan istilah yang masih cukup umum, jadi kami tidak dapat memberitahukan secara spesifik kemungkinan gejalanya. Namun secara umum, peradangan pada daerah usus terutama usus besar, menimbulkan rasa nyeri termasuk jika ditekan, dan demam. Dapat pula terjadi gangguan saluran pencernaan seperti diare yang disertai darah. Namun semata-mata gejala nyeri belum dapat dipastikan bahwa hal itu disebabkan oleh peradangan usus yang kambuh kembali.

Saran kami sebaiknya Saudara kembali memeriksakan diri kepada dokter, sebaiknya yang telah mengetahui riwayat kesehatan Saudara sebelumnya, untuk mengetahui diagnosis yang lebih tepat. Sebaiknya Saudara juga menanyakan mengenai kondisi atau makanan/minuman apa saja yang harus dihindari, untuk mencegah peradangan atau gangguan saluran cerna lainnya dimasa depan.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

NO COMMENTS

Leave a Reply