Kesehatan: Obat Herbal Untuk Pengidap TBC

Kesehatan: Obat Herbal Untuk Pengidap TBC

Herbal Untuk Pengidap TBC

Pertanyaan:

Saat ini saya terdeteksi penyakit TBC dengan BTA plus telah minum obat dari puskesmas. Bagaimana selain obat tersebut saya juga minum obat herbal. Jenis obat herbal apa yang bisa mendukung/mempercepat  kesembuhan?

Dari: Sastro

Jawaban:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan. Semoga Allah Ta’ala menganugerahkan kesembuhan kepada Saudara, dengan kesembuhan yang tiada berbekas.

Sepengetahuan kami, tidak mengapa Saudara mengonsumsi herbal untuk mendukung kinerja obat dan sistem imun dalam melawan bakteri penyebab TBC. Di antara herbal yang diteliti memiliki khasiat melawan TBC antara lain adalah jus mengkudu. Disamping itu, ada juga habbatus sauda’ yang bisa membantu memperbaiki sistem imun tubuh Saudara.

Yang perlu diingat dalam kombinasi herbal dengan obat-obatan konvensional adalah:

1. Jangan diminum bersamaan. Beri jarak sekitar 1-2 jam diantaranya.

2. Gunakan obat herbal secara tunggal, kecuali jika disyaratkan dicampur, misalnya pada ramuan herbal.

3. Tetap utamakan asupan nutrisi yang seimbang dan memadai, dan jangan mengandalkan obat semata.

4. Sebelum memutuskan mengonsumsi herbal, hendaknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan herbalis yang kompeten. Adanya komunikasi langsung cukup penting, agar bisa dinilai status gizi, keadaan kesehatan secara umum, dan kesesuaian dengan produk yang akan digunakan nantinya.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply