Kesehatan: Menghilangkan Cacing di Pembuluh Darah

Kesehatan: Menghilangkan Cacing di Pembuluh Darah

cacing dipembuluh darah

Menghilangkan Cacing di Pembuluh Darah

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Saya Rohmanjer dipanggil Rojer. Saya mau bertanya, bagaimana cara menghilangkan cacing yang berada pada pembuluh darah? Dan apakah obatnya? Obat cacing yang dapat masuk ke pembuluh darah itu apa?

Terima kasih

Dari: Rojer

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Saudara Rojer yang dirahmati Allah Ta’ala, terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Adanya cacing di pembuluh darah merupakan ciri penyakit schistosomiasis, dimana parasit berupa cacing pipih dewasa dari genus tersebut memiliki habitat di dalam pembuluh darah vena daerah usus atau jaringan pembuluh vena sistem perkemihan. Berbeda dengan jenis cacing lainnya yang masuk melalui makanan (lewat mulut), serkaria cacing ini masuk ke dalam tubuh melalui penetrasi kulit langsung. Mirasidium ini banyak terdapat di air tawar yang didiami siput air tawar, seperti yang banyak ditemukan di daerah endemik (di Indonesia misalnya di daerah sekitar danau Lindu, Sulawesi Tengah)

Cara menghilangkan cacing ini adalah dengan konsumsi obat anti cacing, dan obat yang disarankan untuk penyakit ini adalah jenis obat anti cacing Praziquantel yang cukup efektif untuk semua jenis spesies schistosoma. Dosisnya disesuaikan dengan dugaan jenis cacing dan usia serta berat badan penderita.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply