Kesehatan: Jempol Kaki Bengkak Karena Kuku

Kesehatan: Jempol Kaki Bengkak Karena Kuku

kuku kaki sakit

Jempol Kaki Bengkak Karena Kuku

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Jari jempol kaki kanan saya memerah, saya mengira bahwa ini gara-gara sudut kuku saya ada yang lancip sehingga menusuk daging dalamnya. Saya sudah mencoba untuk memotong kuku bagian dalamnya tetapi tidak bisa. Digerakkan juga sakit. Bagaimana cara menyembuhkannya?

Dari: Mulya Noval

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Rasa nyeri pada pinggir dalam kuku dapat disebabkan oleh pertumbuhan kuku ke arah dalam, yang dipicu oleh ukuran sepatu yang terlalu sempit, cara jalan yang tidak benar (seperti berjinjit terus menerus), pemotongan kuku berlebihan, maupun kelainan bawaan pada kontur kuku. Biasanya keluhan ini hanya muncul jika mengenakan alas kaki yang kurang sesuai, namun jika disertai pembengkakan, merah, dan nyeri, berarti telah ada infeksi pada jaringan kuku dan sekitarnya (paronikia).

Terapi yang efektif untuk paronikia ini adalah dengan memotong jaringan kuku yang masuk ke dalam melalui proses eksisi bedah (bedah minor), dan merusak matrix kuku yang berdekatan. Proses eksisi hanya menggunakan anestesi lokal saja ini dapat dilakukan di dokter bedah maupun dokter umum.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply