Kesehatan: Jantung Berdebar Tidak Normal Saat Hamil

Kesehatan: Jantung Berdebar Tidak Normal Saat Hamil

Saat Hamil Jantung Selalu Berdebar

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dokter

Istri saya saat ini sedang hamil anak saya yang kedua dengan usia kandungan menginjak 3 bulan, dan dia sering mengalami jantung berdebar, usianya saat ini 26 tahun.

Apakah sering terjadi seperti itu pada ibu hamil?

Dari: Abu Azam

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan pada tim kami. Semoga Allah Ta’ala memudahkan kehamilan istri Saudara hingga kelahiran nanti.

Pada kehamilan, khususnya 12 minggu pertama, memang terjadi pertambahan jumlah darah yang dipompa jantung ke seluruh tubuh dari sekitar 5 L menjadi 6,5 L, melalui peningkatan volume sekuncup dan kecepatan denyut jantung, sampai sekitar 15 kali lebih banyak di setiap menitnya dibanding sebelum kehamilan. Kondisi normal ini menyebabkan Ibu hamil merasakan debaran jantung lebih daripada biasanya.

Selama irama jantung Ibu tetap teratur, dan kadar Hb-nya normal, dan Ibu masih tetap dapat beraktivitas seperti biasanya, maka insya Allah tidak ada yang perlu dirisaukan. Meski demikian, pemeriksaan antenatal yang teratur tetap kami anjurkan sebagai langkah penjagaan kehamilan dan prevensi terhadap gangguan jantung.

Demikian, semoga sedikit informasi ini ada manfaatnya,

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply