Kesehatan: Buah yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kesehatan: Buah yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Buah-buahan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes dan berapa banyak batasannya?

Dari: Sucipto

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara ajukan.

Buah yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sepanjang pengetahuan kami, hampir semua jenis buah dapat dikonsumsi oleh penderita Diabetes. Gula dari buah, yang berjenis fruktosa, memiliki perbedaan dari gula glukosa (yang kebanyakannya kita jumpai dalam kehidupan, seperti gula pasir), karena jenis gula ini diserap tubuh, namun tidak menimbulkan kenaikan gula darah yang drastis sebagaimana glukosa. Fruktosa juga tidak memerlukan insulin untuk pengolahannya, sehingga cukup aman bagi penderita diabetes yang mengalami resistensi insulin. Selain itu, adanya serat pada buah menyebabkan nutrisi diserap secara bertahap, sehingga gula darah menjadi lebih terkontrol.

Pengecualian adalah untuk buah buahan dengan indeks glikemik tinggi, yang dapat meningkatkan gula darah drastis setelah dikonsumsi, di antaranya: pisang, kurma, anggur, semangka, nenas, dan jeruk. Buah-buahan ini tetap dapat dikonsumsi, meski dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding jenis buah lainnya. Khusus untuk kurma, sebaiknya dikonsumsi tersendiri, karena kandungan glukosanya yang tinggi.

Meski demikian, untuk takarannya, harus merujuk pada kondisi masing-masing individu, begitu pula derajat kemampuan produksi insulinnya, sehingga bisa berbeda-beda untuk tiap penderita.Kami anjurkan Saudara untuk berkonsultasi dengan ahli gizi, atau dokter yang menangani penderita, untuk mengetahui kebutuhan kalori dan proporsi buah yang dapat dimasukkan ke dalam diet.

Semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply