Kesehatan: Benjolan di Daerah Bibir Vagina

Kesehatan: Benjolan di Daerah Bibir Vagina

kesehatan wanita

Benjolan di Daerah Bibir Vagina

Pertanyaan

Assalamu’alikum Dokter.

Saya berusia 15 tahun. Dulu ada benjolan di bibir vagina sebelah kiri saya. Benjolan tersebut seperti daging yang membengkak. Tidak ada cairan di dalamnya, dan jika disentuh tidak terasa sakit. Saya mengetahuinya sekitar Januari lalu. Namun, sepertinya benjolan tersebut kini sudah mengecil / hilang, saya kurang yakin. Nah, saya  pernah bernadzar jika sembuh dari penyakit itu akan puasa 1 hari. Bolehkah saya puasa sekarang?

Dari: Fulanah

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan kepada kami.

Untuk mengetahui dengan lebih jelas apakah sudah sembuh ataukah belum, dan mengetahui lebih jelas jenis benjolan tersebut (apakah kista dari kelenjar di daerah tersebut, seperti Kista Nabothi, ataukah pembengkakan oleh sebab lainnya), maka sebaiknya Saudari memeriksakan terlebih dahulu benjolan tersebut, seperti ke dokter umum atau dokter spesialis kandungan.

Hal ini dikarenakan benjolan dan jenis penyakit yang bersifat tampak secara anatomis seperti itu memerlukan pemeriksaan fisik yang seksama untuk menilainya, dan memberikan diagnosisnya. Jika dari pendapat ahli kesehatan tersebut diketahui sudah sembuh, maka Saudari dapat melaksanakan nadzar tersebut.

Wallaahu Ta’ala a’lam.

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

NO COMMENTS

Leave a Reply