Ragu Menikah Karena Ada Kekurangan Fisik

Ragu Menikah Karena Ada Kekurangan Fisik

kemaluan pria kecil

Kesehatan: Ketika Penis di Bawah Ukuran Normal

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum

Kepada narasumber saya mau bertanya tentang masalah adik saya, dia laki-laki berumur 27 tahun, tetapi belum mau menikah juga, padahal sering memiliki istilahnya pacar, tidak tahu alasannya kenapa sampai sekarang adik saya ragu untuk menikah.

Setelah saya desak akhirnya dia mengakui juga bahwa ada bagian fisiknya yang tidak sempurna, maaf sebelumnya bukan mau membuka aib atau kekurangan adik saya, dia bilang katanya kemaluannya berukuran kecil atau di bawah standar, itulah sebabnya dia tidak berani mengambil keputusan untuk menikah dia takut calon istrinya kecewa.

Saya sebagai seorang kakak bingung harus bagaimana. Semoga narasumber bisa memberikan petunjuk atau nasihatnya, terima kasih sebelumnya.

Wa’alaikumsalam

Dari: DF

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas kepercayaan Saudara berkonsultasi dengan tim kami.

Ukuran organ genital yang dinyatakan oleh adik Saudara ‘dibawah normal’ (dalam dunia medis diistilahkan dengan micropenis atau microphallus) hendaknya dikroscek dengan pemeriksaan klinis, sebab definisi dan standar ukuran memang disesuaikan dengan ukuran baku yang digunakan dalam dunia medis. Faktor seperti obesitas atau tumpukan lemak di daerah perut dan paha dapat mengaburkan ukuran organ yang sebenarnya hingga tampak kecil.

Ukuran organ genital sangat dipengaruhi oleh produksi hormon testosteron yang cukup selama kehamilan dan pertumbuhan serta pubertas. Pada anak yang sehat, dan ukuran organ yang normal sejak kecil, juga tidak didapatkan tanda lainnya seperti testis yang tidak turun, atau muara saluran kemih yang berbeda dibandingkan laki-laki normal, maka dapat kita katakan peluangnya kecil anak tersebut benar-benar mengalami microphallus.

Sebaliknya, jika berdasarkan pemeriksaan dokter terbukti demikian, maka kemungkinan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kelainan organ lain yang mungkin terjadi.

Menurut hemat kami, melakukan kroscek dan konsultasi klinis terkait masalah body image yang dialami adik Saudara sangat perlu dilakukan, untuk membantunya mengetahui kondisi tubuhnya yang sebenarnya dan meluruskan persepsinya.

Semoga dapat membantu.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply