Kanker Usus Besar

Kanker Usus Besar

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum Dokter.

Ada seorang itu mengidap penyakit kanker usus besar. Beliau sekarang menggunakan stoma. Pertanyaan saya, apakah obat yang terbaik untuk beliau konsumsi dan bolehkah beliau kembali buang air seperti biasa tanpa menggunakan stoma pada masa akan datang? Terima Kasih.

Dari: Mayah

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan.

Penderita kanker usus besar yang menggunakan stoma jika ingin buang air besar seperti sedia kala, harus dilihat kembali kondisi usus besar tersebut. Biasanya penderita menggunakan stoma jika kanker menyebabkan sumbatan yang signifikan di bagian ujung usus besar atau setelah pengambilan kanker yang bersamaan dengan pemotongan sebagian usus besar yang terkena. Jika jarak antara ujung usus besar setelah dipotong dengan anus cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk disambung, maka dibuatlah stoma yang permanen.

Jika kondisi penderita tersebut seperti yang kami kemukakan, yakni jenis stomanya adalah yang permanen, maka sampai saat ini dunia medis modern belum memiliki alternatif untuk mengusahakan pasien dapat buang air seperti saat normal, karena tidak adanya sambungan antara usus besar-anus. Namun jika masih memungkinkan untuk disambung atau misalnya belum dilakukan pengangkatan kanker, menurut kami masih ada kemungkinan bagi penderita untuk buang air dengan normal. Dengan catatan kankernya sembuh, sebab kalau hanya mengecil atau tidak benar-benar sembuh dikhawatirkan kanker akan kembali tumbuh dan menyerang.

Pengobatan Kanker Usus Besar

Mengenai pengobatan bagi penderita kanker usus besar, kami menyarankan penanya yang dirahmati Allaah ‘Azza wa Jalla untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan tenaga kesehatan yang merawat penderita terlebih dahulu. Hal ini penting untuk mengetahui kondisi saat ini, daya tahan tubuhnya, pantangan, dan lainnya. Adapun saran yang kami kemukakan di sini bersifat umum, harus disesuaikan lagi dengan kondisi penderita.

Beberapa obat selain kemoterapi, atau obat imunoterapi, yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker dan membantu kesembuhan antara lain habbatussauda’, air zam zam, sari mengkudu, umbi tanaman, sarang semut, jus daun sirsak, buah merah, dan jamur ganoderma lucidum. Untuk mengetahui yang mana yang paling sesuai dengan kondisi penderita, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan herbalis atau ahli kesehatan lain yang kompeten di bidang ini.

Hendaknya dibarengi dengan memperbanyak doa kepada Allaah Subhanahu Wa Ta’ala agar diberi kesembuhan, membacakan doa-doa ruqyah syar’iyyah pada tempat yang sakit dan mengusahakan agar dapat berobat dengan Al Quran. Pengobatan demikian tentunya tidak dapat dicapai kecuali dengan iman yang penuh dan ketundukan sempurna pada Rabb semesta alam dan ayat-ayatnya.
Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

tags: kanker usus, usus besar, kanker usus besar, usus, sakit usus besar, operasi kanker usus besar.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply