Imunisasi IPD Untuk Bayi

Imunisasi IPD Untuk Bayi

imunisasi bayi anak

Imunisasi IPD (Invasive Pneumococcus Desease) Untuk Bayi

Pertanyaan:

Dokter, apakah efektif imunisasi IPD diberikan kepada bayi saya mulai usia 6 bulan? Karena menurut jadwal semestinya sudah dimulai sejak usia 2, 4, 6, dan 12-15?

Dari: Ira

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada tim kami.

Imunisasi IPD insya Allah tetap efektif diberikan pada usia di atas 6 bulan, dengan jumlah dan jadwal sedikit berbeda dengan pemberian sejak 2 bulan. Jika bayi > 6 bulan, belum pernah mendapat imunisasi IPD sebelumnya, dapat divaksinasi dengan jadwal 3 kali pemberian, 0.5 ml per kali vaksin, dengan jadwal pemberian vaksin 1 dan ke 2 terpisah minimal berjarak 4 minggu, dan dosis ketiga pada usia 12-15 bulan dengan jarak dari dosis ke 2 minimal 8 minggu.

Kami sarankan Ibu untuk tidak lupa menanyakan mengenai masalah kontraindikasi, potensi alergi, dan efek paska imunisasi yang dapat terjadi dengan jenis vaksin yang akan digunakan pada ahli kesehatan yang memberikan vaksin, beserta langkah-langkah yang dapat dilakukan di rumah untuk penanganannya, agar Ibu dan bayi beserta keluarga dapat lebih siap menghadapi vaksinasi ini.

Semoga dapat membantu.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply