Hamil Lagi Setelah 2 Bulan Operasi Caesar

Hamil Lagi Setelah 2 Bulan Operasi Caesar

artikel ibu hamil

Hamil Lagi Setelah Caesar

Pertanyaan:

Assallamu’alaikum.

Dok, bagaimana yah, 2 bulan yang lalu saya melahirkan secara caesar. Dan sekarang sudah hamil lagi, apa berbahaya???

Dari: Lilis

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Ibu yang dirahmati Allah,

Pengaturan jarak kehamilan pada wanita yang pernah menjalani operasi caesar memang diperlukan untuk penyembuhan rahim dan persiapan kehamilan berikutnya, khususnya jika ingin kelahiran berlangsung normal (vaginal birth after cesarean delivery atau VBAC).

Jarak yang dianjurkan adalah sekitar 18 bulan, dari sejak operasi hingga kehamilan berikutnya. Jika jarak dengan kehamilan selanjutnya terlampau dekat, memang cukup berisiko menimbulkan komplikasi seperti robeknya rahim atau posisi plasenta yang tidak normal sehingga menyulitkan persalinan kelak.

Namun sepengetahuan kami tidak perlu sampai digugurkan, hanya saja diperlukan pemeriksaan ante natal yang rutin dan cermat, juga perbaikan nutrisi dan kondisi Ibu, dan kemungkinan besar untuk kelahiran berikutnya juga diperlukan operasi caesar, untuk meminimalisir komplikasi pada rahim yang dapat terjadi jika persalinan dilakukan dengan jalan normal.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply