Haid Tidak Teratur

Haid Tidak Teratur

Haid Tidak Teratur

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Saya usia 22 tahun belum menikah, sebenarnya haid saya teratur sebulan sekali dan berkisaran ditanggal yang sama. Yang ingin saya tanyakan adalah setelah menstruasi dan sudah suci selama seminggu atau sudah sepuluh hari tapi setelah itu seperti menstruasi lagi tapi hanya sedikit keluar bercampur lender, kadang sampai 2 atau 3 hari baru bersih lagi, dan itu kira-kira sudah berlangsung 6 bulan yang lalu. Apa itu termasuk kondisi yang tidak normal / bahkan bahaya?

Terima kasih Dokter atas solusinya.

Wassalamu’alaikum.

Dari: Rochmi

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari berikan kepada kami.

Pada dasarnya keluarnya bercak kecoklatan atau sedikit pink sekitar seminggu setelah haid berhenti, kemungkinan besar merupakan spotting/bercak ovulasi. Sebabnya bisa jadi merupakan darah yang turut keluar saat folikel sel telur pecah, atau meningkatnya hormon estrogen saat ovulasi. Sifatnya cenderung ringan dan bercampur dengan lendir rahim. Meskipun jarang, namun hal ini sepenuhnya normal.

Namun jika keluarnya darah cenderung berwarna merah dan banyak, kemungkinan bukanlah disebabkan oleh ovulasi, dan kami sarankan Saudari untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

Artikel ini disponsori oleh Zahir Accounting. Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Anda juga dapat menjadi sponsor di video dan website dakwah di Yufid.com Network, silakan hubungi: marketing@yufid.org untuk menjadi sponsor.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply