Warna Darah Haid Merah Muda

Warna Darah Haid Merah Muda

haid dan qadha sholat

Warna Darah Haid Merah Muda

Pertanyaan:

Saya remaja berusia 16 tahun, dan saya ingin bertanya. Apakah warna darah haid merah muda dan kekuningn itu normal? Karena baru kali ini saya mengalaminya dan bulan kemarin haid pada tanggal 15 dan sekarang saya haid dengan selisih tepat 1 bulan! Tapi bulan sekarang saya haid dengan warna darah merah muda, sedikit, dan tidak sakit perut seperti biasanya. Dan sekedar informsi saya selalu menjaga diri saya.

Makasih sebelumnya atas jawaban yang diberikan.

Dari: Annisak

Jawaban:
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari ajukan.

Warna darah haid pada kebanyakan wanita memang bervariasi, mulai dari merah segar, merah kehitaman, merah kecoklatan, hitam kemerahan, coklat gelap, merah muda atau coklat kekuningan atau kuning sangat keruh, terutama jika mendekati akhir periode menstruasi. Meski demikian, pada umumnya warna haid memang berkisar antara merah gelap dengan variasinya.

Warna darah merah muda normal dialami sekelompok wanita, terutama jika haid sudah akan selesai, namun memang jarang diawalnya. Warna merah muda di awal dengan jumlah sedikit, pada pasangan yang sudah menikah, kemungkinannya adalah pertanda kehamilan.

Adapun pada kasus Saudari, jika tidak ada keluhan lain seperti gatal atau nyeri di bagian kewanitaan, maka kami anjurkan untuk menunggu hingga periode haid bulan selanjutnya. Jika masih sama, maka kami sarankan Saudari untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, untuk menilai kesehatan organ reproduksi Saudari lebih seksama.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply