Gurah Tenggorokan Dalam Tinjauan Medis

Gurah Tenggorokan Dalam Tinjauan Medis

Gurah Tenggorokan

Pertanyaan:

Assalamu’alikum

Dok, mau tanya kenapa setiap pagi saat bangun tidur saya merasa ada dahak di tenggorokan, tapi lama-lama akan hilang sendiri. Apa ini akan menimbulkan bau mulut ? Saya menderita penyakit apa?

Oh iya, saya pernah mendengar ada pengobatan gurah untuk mengeluarkan lendir, apakah itu aman Dok? Dan bagaimanakah sistem gurah itu?

Terima kasih sebelumnya.

Jawaban:

Dahak muncul karena adanya proses peradangan atau infeksi pada saluran nafas. Jika berlangsung terus-menerus, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyakit yang mendasari. Dahak yang muncul ketika bangun tidur kemudian hilang sendiri kaena ketika bangun kita beraktivitas dan menghasilkan panas tubuh yang membuat dahak menjadi cair dan hilang.

Penyebabnya bisa karena kebiasaan merokok atau memiliki sakit maag. Asap rokok bisa merangsang batuk dan meningkatkan produksi lendir dan juga  meningkatkan produksi asam lambung. Apalagi jika mempunyai riwayat maag. Ketika malam hari produksi asam meningkat ditambah dengan posisi tidur, maka asam lambungnya naik ketenggorokan dan bisa merangsang batuk serta lendir.

Dahak bisa menyebabkan bau mulut jika sudah mulai ada infeksi sekunder dan pembusukan di saluran pernapasan. Selain itu maag juga bisa membuat bau mulut.

Mengenai gurah kami tidak mengetauhi aman atau tidak karena metode dan bahannya bermacam-macam. Perlu penelitian yang ilmiah mengenai hal ini. Anda bisa tanyakan kepada yang lebih berpengalaman dan ahli mengenai hal ini. Setahu kami cara kerjanya adalah menggunakan bahan-bahan yang memacu pengeluaran lendir dan cairan sehingga bisa membersihkan hidung atau tenggorokan. Wallahu a’lam.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

NO COMMENTS

Leave a Reply