Efek Minum Habbatus Sauda Terhadap Haid

Efek Minum Habbatus Sauda Terhadap Haid

herbal habatus saudah

Efek Minum Habbatus Sauda Terhadap Haid

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum. Istri kami positif mioum dan sesuai saran dokter hafidz konsumsi jintan hitamn (habbatus sauda),tapi kami pilh berupa minyak. Setelah minum selama 3 hari istri kami mens, dimana sebelumnya telat 1,3bulan. Darah haid keluar berupa gumpalan darah beku sebesar 1-2cm.

Pertanyaan kami:
1. Apakah istri kami boleh minum jintan hitam selama haid?
2. Darah beku yang keluar waktu haid apakah efek dari jintan hitam?
3. Berat badan istri 71kg, berapa dosis takaran jika minum jintan hitam berupa serbuk karena sekarang kami pakai minyaknya dengan aturan minum 3×3-4 kapsul/hari.
Atas jawabannya kami ucapkan terimah kasih. Wassalam.

Dari: Koko

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih kami haturkan pada Saudara Koko atas pertanyaannya, semoga Allaah ‘Azza wa Jalla senantiasa memudahkan Saudara dan kaum muslimin seluruhnya.

Berikut jawaban yang dapat kami berikan sehubungan dengan pertanyaan Saudara:

1. Minum jintan hitam atau habbatau sauda’ selama haid boleh-boleh saja, sepanjang tidak dirasakan adanya efek samping yang berat seperti mual, muntah, ruam kemerahan menyeluruh pada kulit, dan semisalnya –meskipun hal ini sepengetahuan kami jarang terjadi-.

2. Darah beku yang keluar sewaktu haid, kami belum bisa memastikan apakah efek dari jintan hitam atau tidak jika tidak melakukan pemeriksaan dan penelusuran dengan lebih seksama. Apabila sebelumnya istri Saudara tidak pernah mengalami keluhan serupa, ada kemungkinan berkaitan dengan efek jintan hitam. Namun sepanjang tidak ada keluhan perdarahan yang banyak melebihi kondisi haid biasanya, kami sarankan untuk meneruskan jintan hitam dengan harapan gumpalan darah beku tersebut berasal pula dari jaringan miom yang mati karena jintan hitam memiliki efek antitumor yang sangat baik.

3. Dosis takaran untuk serbuk berdasarkan sumber yang ada pada kami: Untuk BB 71 kg, lebih kurang 4×4 kapsul/hari. Dapat juga Saudara kombinasikan dengan minyak zaitun, lebih baik extra virgin olive oil, dengan ciri warna hijau gelap dan biasanya dikemas dalam botol kaca gelap, 3 x 1 sendok teh, namun sebaiknya dikonsumsi dengan jarak 1 jam setelah minum jinten hitam.
Semoga bermanfaat bagi Saudara dan keluarga.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N. (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply