Efek Debu Semen Pada Tubuh

Efek Debu Semen Pada Tubuh

efek debu semen

Apakah Susu Dapat Meminimalisir Partikel Jahat di Dalam Tubuh?

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum.

Dokter saya Dwi. Saya mau tanya. Saya bekerja di pabrik pembuatan semen, yang mana setiap hari kontak dengan semen. Yang saya tanyakan:

1. Apakah meminum susu murni atau madu murni dapat meminimalisir polusi di dalam tubuh?

2. Berapa dosis yang tepat dan kapan waktu yang tepat untuk meminum susu atau madu yang baik?

Dari: Dwi

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Pekerjaan di pabrik pembuatan semen berisiko menimbulkan beberapa jenis penyakit terkait material semen yang dibuat, salah satunya adalah debu semen (cement dust). Debu semen merupakan partikel yang sangat kecil dan halus, dan dapat masuk ke dalam saluran nafas dan paru-paru pekerja, sehingga menimbulkan gangguan kesehatan di paru-paru khususnya, seperti penyakit paru obstruktif kronis, penyakit paru restriktif, peradangan paru lainnya, bahkan di beberapa penelitian, kanker paru (pada paparan yang lama dan tanpa pelindung). Penumpukan debu dari waktu ke waktu dapat merusak struktur paru-paru, dan mengurangi kapasitasnya dalam menghirup dan mempertukarkan oksigen dalam darah.

Untuk mengatasi risiko menghirup dan mengalami reaksi penyakit dalam tubuh akibat debu semen, langkah pencegahan yang dapat diambil adalah menghindari paparan terhadap paparan debu semen, dengan menggunakan peralatan kesehatan dan keamanan saat bekerja, seperti penutup kepala, kaca mata khusus (goggle), masker atau alat penutup hidung dan mulut lainnya, baju khusus, sepatu khusus, dan berbagai macam perlengkapan yang didesain untuk mencegah masuknya debu ke dalam saluran pernapasan.

Selain itu, para pekerja juga diharapkan tidak makan atau minum di lokasi dimana debu semen bertebaran, untuk menghindari masuknya debu ini ke dalam saluran cerna kemudian ke dalam darah, karena efeknya dapat membahayakan organ-organ tubuh dalam jangka panjang, dan memeriksakan kesehatan secara berkala ke bagian kesehatan pabrik (dokter penanggung jawab kesehatan pegawai), misalnya. Perlindungan ini pada dasarnya merupakan kewajiban dari pemilik pabrik melalui unit kesehatan kerja.

Apakah madu dan susu murni dapat mengurangi kadar polusi dalam tubuh? Jika yang dimaksud terkait debu semen, maka kami tidak mengetahui jawabannya. Jika yang dimaksud adalah polusi udara secara umum, secara teoritis, madu dapat membantu menjaga ketahanan tubuh dan memberikan nutrisi yang diperlukan sehingga sistem-sistem tubuh bekerja dengan baik. Namun apakah efek madu begitu juga susu dapat menetralisir dampak merusak debu semen di dalam paru-paru, kami belum mengetahuinya.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur

NO COMMENTS

Leave a Reply