Darah Istihadhoh Keluar Setiap Bulan

Darah Istihadhoh Keluar Setiap Bulan

kesehatan wanita

Darah Istihadhoh Keluar Setiap Bulan

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Maaf, saya wanita berusia 32 tahun. Saya selalu mengalami istahadhoh setiap bulan dan selalu di hari ke 4 atau ke 5 dari masa suci setelah haid. Apakah darah istihadhah bisa disembuhkan?

Saya lupa sejak kapan mengalaminya, tapi sudah sangat lama. Pernah bertanya kepada seorang dokter tapi katanya hanya kelebihan hormon. Tapi sungguh sangat mengganggu. Apakah ini juga menjadi salah satu sebab saya belum hamil? Saya sudah menikah 6 tahun.

Jazakallahu khairan atas jawabannya.

Dari: Walsiyah

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih atas kesediaan Ibu berkonsultasi dengan tim kami.

Istihadhoh, jika diartikan sebagai keluarnya darah pada hari-hari selain hari menstruasi, biasanya kemungkinan dapat dipadankan dengan istilah metrorrhagia di dunia medis. Istilah ini merujuk pada kondisi pendarahan rahim disfungsional, yang dapat terjadi disertai adanya ovulasi maupun tanpa ovulasi.

Benar bahwa salah satu penyebab kondisi ini adalah ketidakseimbangan hormon kewanitaan yang mengontrol siklus haid, misalnya kelebihan produksi estrogen tanpa progesteron, dan sebaliknya. Untuk pendarahan tanpa ovulasi, seringnya disebabkan oleh penyakit sindrom ovarium polikistik, meskipun bisa jadi sebabnya belum diketahui.

Jika kondisi istihadhoh yang Ibu alami adalah jenis yang tanpa disertai ovulasi, maka pembuahan tidak dapat terjadi. Jika istihadhoh yang Ibu alami disertai ovulasi, yang ditandai dengan ciri-ciri ovulasi seperti naiknya suhu basal tubuh, sedikit nyeri pada payudara, maupun kram di perut di pertengahan siklus.

Mengenai apakah kondisi ini bisa disembuhkan secara medis, perlu diketahui dengan detail penyebab istihadhoh tersebut. Ada beberapa kondisi yang masih dapat diusahakan terapinya, minimal untuk memperbaiki kesuburan, seperti penyakit ovarium polikistik diatas. Ibu bisa bertanya lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab tersebut lebih lanjut, begitu juga terapinya. Semoga Allah Ta’ala mengangkat kesulitan ini dari Ibu dan keluarga.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply