Dampak Buruk Onani Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Onani Bagi Kesehatan

onani dalam tinjauan agama dan kesehatan

Dulu Suka Onani

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dok.

Semoga selalu diberikan kesehatan dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Saya dulu suka onani dan alhamdulillah sudah berhenti berkat taufiq dari Allah. Kemudian saya baca artikel tentang kesehatan sperma, disana dijelaskan bahwa sperma diproduksi di testis dan butuh 10 minggu atau sekitar 75 hari untuk matang. Apakah usia sperma sebelum matang itu tidak bisa membuahi Dok? Contohnya baru 50 hari dari kali terakhir sperma keluar kemudian dia melakukan hubungan intim?

Masalahnya saya akan segera melangsungkan pernikahan sekitar 50 harian lagi atau 2 bulan kurang, dan kemarin saya mimpi jima dan mengeluarkan mani yang agak encer.

Apakah kalau saya melakukan hubungan intim nanti sperma saya bisa membuahi Dok? Karena saya ingin punya anak? Sekarang ini saya rajin makan buah dan sayuran dan herbal.

Jazakumullah atas jawabannya sebelumnya.

Dari: Muhsin

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas doa dan pertanyaan yang Saudara berikan. Kami turut bersyukur karena Saudara sudah terbebas dari kebiasaan onani tersebut, semoga Allah Ta’ala senantiasa menjaga Saudara dan keluarga.

Proses pembuatan dan pematangan sperma benar terjadi di dalam testis, dan membutuhkan waktu kurang lebih 72-74 hari, dan proses produksi serta pematangan ini terjadi terus-menerus. Sperma yang belum mengalami maturasi kemungkinan besar akan mengalami kelainan struktur ataupun gerak yang menyebabkannya tidak mampu membuahi sel telur.

Namun yang perlu diketahui adalah tidak semua sel sperma yang diproduksi dikeluarkan pada saat bersamaan, misalnya dalam 1 kali ejakulasi. Sehingga, pada dewasa normal yang sehat, bahkan ejakulasi setiap harinya tidak mempengaruhi/mengurangi secara signifikan jumlah sel sperma yang ada dalam cairan semen (mani) , yakni sel sperma sehat dengan struktur dan pergerakan yang baik.

Bisa atau tidaknya membuahi, diperkirakan dari analisis cairan semen dengan melihat kondisi sperma di dalamnya. Jadi semen yang secara visual tampak encer bukan berarti tidak mengandung sperma dan tidak bisa membuahi sel telur. Saran kami, untuk menjaga kualitas sperma, Saudara teruskan kebiasaan makan yang sehat, hidup sehat dengan olahraga rutin dan hindari rokok apalagi minuman beralkohol dan zat yang menyebabkan adiksi lainnya, dan tenangkan pikiran dan kegelisahan Saudara dengan mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, berdoa dan memasrahkan urusan kepada-Nya semata.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Berikut beberapa artikel seputar onani dan masturbasi dalam tinjauan agama dan kesehatan:

1. Keluar Cairan saat Menonton Video Porno.
2. Onani yang Halal.
3. Dampak Fisik Bila Sering Onani. Lihat video tanya jawab syariahnya juga bersama ustadz Aris Munandar di Yufid.tv.
4. Onani di Bulan Ramadhan.
5. Terjerat Onani, dan Bagaimana cara Menghentikannya.
6. Onani Sebelum Menikah.
7. Jika Wanita Suka Masturbasi.
8. Mandi Besar Karena Masturbasi dan Onani.

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply