Ciri Tumor dan Kanker Payudara

Ciri Tumor dan Kanker Payudara

Ciri Tumor dan Kanker Payudara

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum

Saya mau tanya, apa tanda-tanda seseorang terkena tumor/kanker Payudara? Katanya dengan mengecek ketiak, apakah ada benjolan atau tidak.

Di bagian ketiak saya terkadang memang terasa nyeri, rasanya seperti tertarik. Tapi setelah saya cek, Alhamdulillah tidak ada benjolan. Apakah ada pengaruhnya dengan deolotion yang saya pakai? Padahal saya pakai yang khusus wanita. Atau itu gejala-gejala tumor? Sejauh ini saya belum cek ke dokter, karena kalau saya sakit saya jarang berobat ke dokter, hanya mengonsumsi obat warung  saja.
Terima kasih.

Dari: Sulistia Wati

Jawaban:
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Saudari yang semoga dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, terima kasih atas pertanyaan yang Saudari ajukan.

Tumor atau kanker payudara, adalah 2 istilah yang mirip namun berbeda, karena umumnya tumor digunakan untuk kelainan jinak pada payudara, seperti kelainan fibrokistik atau fibroadenoma (FAM). Sedangkan kanker payudara digunakan untuk mengistilahkan kelainan ganas pada payudara, yang dapat menyebar dan bersifat membahayakan jiwa.

Di antara ciri tumor payudara:

– Benjolan pada bagian mana saja dari payudara, termasuk di ketiak, bisa berukuran kecil hingga mencapai diameter 5 cm atau lebih.

– Benjolan kenyal, berbatas tegas dari jaringan sekelilingnya, tidak sakit jika ditekan, bisa digerakkan (pada FAM); atau

– Benjolan lunak, terasa ada cairan, nyeri bila ditekan, bisa mengecil dan membesar dengan siklus mengikuti siklus haid (Fibrokistik).

Sedangkan di antara ciri kanker payudara:

– Benjolan pada payudara maupun di bagian yang dekat dengan ketiak.

– Benjolan keras atau padat, tidak nyeri, batas dengan jaringan sekitar tidak jelas, tidak dapat digerakkan.

– Biasanya disertai perubahan pada kulit payudara, mengeras atau berbentuk seperti kulit jeruk (peau d’ orange), membengkak, adanya cairan dari puting atau perubahan bentuk puting, kadang disertai timbulnya luka.

– Jika sel kanker sudah menyebar hingga ke kelenjar limfa di ketiak, akan timbul benjolan kelenjar yang keras dan tidak nyeri.

Untuk mengecek adanya benjolan pada payudara secara menyeluruh, disarankan menggunakan teknik SADARI, yang dapat Saudari tanyakan lebih lanjut pada bidan atau dokter Saudari. Salah satu bagiannya memang memeriksa di bagian ketiak, untuk memeriksa bagian ‘ekor’ dari payudara dan kelenjar limfa di ketiak dari penyebaran sel ganas.

Rasa nyeri di daerah ketiak, bisa disebabkan banyak hal, salah satunya bisa juga iritasi kulit dan kelenjar keringat di bawahnya oleh zat iritan pada deodoran.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Konsultasi Kesehatan Konsultasi Syariah)
Artikel www.KonsultasiSyariah.com

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply