Ciri Kista

Ciri Kista

kista wanita

Ciri-ciri Kista

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dokter, saya mau tanya. Untuk tanda-tanda kalau perempuan mengidap kista itu apa aja ya?

Soalnya, saya punya adik perempuan umurnya sekitar 22 tahun. Ada benjolan kalau diraba di antara organ intim dan kalau kecapean atau stres kadang pegal gitu, itu kenapa ya? Dan baiknya rekomendasiin periksa ke dokter apa?

Jazakallahu khairan katsiro

Dari: Ikhsan

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada tim kami.

Tanda kista cukup beragam, tergantung dari lokasi timbulnya, ukuran, dan tingkat keparahannya. Pada organ bagian luar, tanda yang paling mudah diamati adalah adanya benjolan. Gejala bervariasi, mulai dari tak bergejala sama sekali, hingga terasa nyeri, bengkak, sulit berkemih jika posisi kista di dekat muara saluran kemih, rasa tidak nyaman saat berjalan, dan sebagainya.

Ada beberapa penyebab untuk terduga kista di daerah yang dikeluhkan, diantaranya adalah kista akibat penyumbatan kelenjar Bartholini, lokasinya dekat muara saluran reproduksi wanita, penyumbatannya menyebabkan produksi kelenjar berupa lendir (mukus) terperangkap sehingga timbul benjolan. Kista ini tidak sering terjadi, namun jika terjadi pada wanita biasanya pada usia 20 an awal. Kista ini tidaklah berbahaya, namun jika sudah membesar dan iritasi, menimbulkan nyeri dan rasa tidak nyaman, dapat dilakukan tindakan bedah minor di daerah tersebut. Penyebab lainnya kemungkinannya adalah kista inklusi, kista epidermal, dan endometriosis pada vulva.

Penderita dapat diperiksakan ke dokter ahli kebidanan dan kandungan, untuk melihat apakah benar benjolan tersebut adalah kista, atau lainnya, dan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan sesuai dengan derajat gangguan yang ada.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply