Ciri-ciri Wanita Menderita Miom

Ciri-ciri Wanita Menderita Miom

kesehatan wanita

Menderita Miom

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dokter.

Saya ingin bertanya, bagaimana ciri-ciri wanita yang menderita miom. Karena pas saya hamil 2 bulan di tahun 2010, saat saya USG, dokter itu pernah bilang kalau ada miom di dekat rahim saya, tapi akan hilang saat kehamilan saya makin besar. Apakah itu benar Dok?

Wa’alaikumussalam Dokter

Terima kasih

Dari: Sari

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Ibu yang semoga dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala, terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Mioma atau leiomyoma, tumor jinak pada rahim, pada ukuran yang kecil, bisa tanpa gejala. Jadi seseorang bisa saja memiliki mioma selama bertahun-tahun tanpa menyadarinya. Adapun pada mioma yang cukup besar, dapat menimbulkan gejala perut membesar, atau penekanan pada organ kandung kemih sehingga cepat ingin berkemih, atau pada organ rektum di bagian belakang yang sehingga dapat menyebabkan konstipasi.

Gejala lain dari mioma antara lain adalah nyeri yang berat saat datang bulan (dysmenorrhea tipe sekunder), perdarahan menstruasi melebihi normal (menorrhagia), perdarahan diluar siklus menstruasi (metrorrhagia), atau kombinasi keduanya (menometroragi). Pada mioma yang bertangkai, tangkai mioma dapat terpuntir menyebabkan nyeri yang berat.

Mioma saat hamil cukup sering ditemukan namun jarang mengalami pembesaran. Banyak pula kehamilan yang berlangsung dengan mioma berjalan normal dan lancar. Seiring dengan berjalannya kehamilan, kemungkinan pada minggu 12-22 minggu, mioma dapat mengalami pengurangan bahkan penghentian suplai darah pada mioma sehingga mioma akan menyusut dengan sendirinya (degenerasi merah). Kondisi ini dapat menimbulkan nyeri yang sangat dan memicu kontraksi sehingga dapat menyebabkan kelahiran prematur atau keguguran.

Demikian Ibu yang dapat kami sampaikan, semoga ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.

NO COMMENTS

Leave a Reply